Presiden RI Negatif COVID-19

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 19 Maret 2020
0 dilihat
Presiden RI Negatif COVID-19
Presiden RI, Joko Widodo (tengah) Foto: Repro google.com

" Saya dan Ibu Iriana sudah melaksanakan tes deteksi COVID-19 empat hari yang lalu, dan sudah keluar hasil tesnya. Alhamdulillah dinyatakan negatif. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hasil tes pemeriksaan virus corona (COVID-19) Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo keluar hari ini, Kamis (19/3/2020) pagi. Dari hasil yang diterima, keduanya dinyatakan negatif covid-19.

"Saya dan Ibu Iriana sudah melaksanakan tes deteksi COVID-19 empat hari yang lalu, dan sudah keluar hasil tesnya. Alhamdulillah dinyatakan negatif," ujar Jokowi dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Sebagaimana yang dilansir CNN Indonesia, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tenaga medis yang merawat para pasien terinfeksi COVID-19.

Baca Juga : COVID-19 Mulai Serang Sultra, 3 Orang Dinyatakan Positif

Ia sebelumnya juga telah meminta, agar para dokter maupun perawat rumah sakit diberikan insentif atas jasanya selama ini merawat para pasien.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para dokter, para perawat dan seluruh jajaran rumah sakit, yang sedang bekerja keras penuh dedikasi dalam melayani dan merawat para pasien yang terinfeksi COVID-19," katanya.

Jokowi mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk belajar, bekerja, dan ibadah di rumah untuk mencegah persebaran COVID-19.

"Semoga kita semua diberikan kesehatan yang prima," ucapnya.

Pemeriksaan tes COVID -19 ini dilakukan, pasca Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif COVID -19. Budi sempat mengikuti rapat terbatas bersama Jokowi dan sejumlah menteri lain di Kantor Presiden.

Baca Juga : Pemkab Bombana Kucurkan Rp 200 Juta Cegah COVID-19

Selain Jokowi, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga telah melakukan tes COVID -19. Hanya saja hasil tes itu disebut tak akan dipublikasikan karena termasuk general check up.

Untuk diketahui, saat ini ada pembaruan dan update data pasien terinfeksi dan total kasus terinfeksi COVID-19 sebanyak 309 orang.

Sebagaimana yang disampaikan Juru bicara pemerintah untuk penanganan Virus COVID-19, Achmad Yurianto, bahwa kasus baru yang terkonfirmasi positif yakni itu berasal dari di Banten (10 orang), DI Yogyakarta (dua orang), DKI Jakarta (52 orang), Jawa Barat (dua orang), Jawa Tengah (empat orang), Jawa Timur (satu kasus), Kalimantan Timur (dua kasus).

Penambahan kasus selanjutnya di Kepulauan Riau (dua orang), Sumatera Utara (satu orang), Sulawesi Tenggara (tiga orang), Sulawesi Selatan (dua orang), dan Riau (satu kasus).

Baca Juga : Pasien Dijemput Satgas COVID-19 Bombana, Idap ISPA

Adapun jumlah pasien COVID-19 yang sembuh semakin meningkat yakni berjumlah 15 orang. Sedangkan angka kematian sekitar delapan persen dari kasus yang dirawat. Angka itu masih tinggi namun dinamis, karena kasus baru meningkat dengan cepat.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga