adplus-dvertising

Produk UMKM di Buton Selatan Wajib Dilabel Halal Tahun Depan

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 18 Maret 2023
0 dilihat
Produk UMKM di Buton Selatan Wajib Dilabel Halal Tahun Depan
Produk UMKM di Kabupaten Buton Selatan diwajibkan punya label halal di tahun 2024 mendatang. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Sebagai upaya menyukseskan untuk menjadikan Republik Indonesia sebagai pusat industri halal di dunia "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Departemen Kementerian Agama Kabupaten Buton Selatan mewajibkan seluruh produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) per 17 Oktober 2024 mendatang telah bersertifikasi halal.

Hal itu pula senada dengan komitmen pemerintah dan juga program Kementerian Agama untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat.

Juga sebagai upaya menyukseskan untuk menjadikan Republik Indonesia sebagai pusat industri halal di dunia.

Khusus untuk di Kabupaten Buton Selatan, Kepala Kemenag setempat, Muchtar menuturkan, pihaknya akan menggerakkan seluruh penyuluh dan pendamping untuk mendekati seluruh pengusaha agar mendaftarkan diri menjadi peserta atau mengikuti label halal.

Baca Juga: Surunuddin Dorong Percepatan Realisasi Belanja Produk UMKM Lokal

"Supaya pengusaha merasa lebih nyaman menyajikan produk makanan-makanan yang berdampak demi keselamatan dan kesehatan masyarakat," jelas Muchtar, Sabtu (18/3/2023).

Muchtar mengharapkan dukungan dari pemerintah setempat ataupun instansi yang terkait juga masyarakat agar 17 Oktober 2024 semua UMKM di Buton Selatan telah terlabeli halal.

Baca Juga: Produk UMKM Lokal Butuh Perbaikan Fasilitas Pemerintah

Asisten Bidang Administrasi Buton Selatan, Laode Mpute mengatakan, hal itu sangat penting dan pemerintah setempat mendukung untuk mensukseskan produk halal.

"Kami tetap mendukung produk halal agar masyarakat tidak was-was dalam berusaha sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri," tutur Laode Mpute.

Laode Mpute juga menyatakan, semua produk hasil kerajinan UMKM yang ada di Kabupaten Buton Selatan akan disertifikasi halal. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga