Profil Andi Musakkir Mustafa, Mantan Wakil Wali Kota Kendari yang Comeback di Panggung Politik

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 17 November 2023
0 dilihat
Profil Andi Musakkir Mustafa, Mantan Wakil Wali Kota Kendari yang Comeback di Panggung Politik
Andi Musakkir Mustafa (tengah) bersama calon anggota DPR RI lain dari PPP. Foto: Ist.

" Mantan Wakil Wali Kota Kendari periode 2002-2007, Andi Musakkir Mustafa siap comeback di panggung politik pada Pemilu 2024 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Mantan Wakil Wali Kota Kendari periode 2002-2007, Andi Musakkir Mustafa siap comeback di panggung politik pada Pemilu 2024 mendatang.

Pengusaha properti sukses itu maju sebagai calon anggota DPR RI, melalui kendaraan politiknya Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kembalinya Musakkir di panggung politik bukan semata keinginan dirinya, tapi juga panggilan dari orang-orang sekitarnya yang rindu masa dirinya mengabdi ke masyarakat.

Musakkir handal memahami sisi kerja politik lewat sederet pengalaman organisasinya. Sejak kuliah ia ditunjuk sebagai ketua senat mahasiswa di Akademi Arsitektur di Yogyakarta tahun 1985-1987.

Baca Juga: Sosok Deborah Hanna, Penyanyi Remaja Asal Sulawesi Tenggara yang Dikontrak Label Nasional

Ia kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Insitut Teknologi Nasional Malang pada tahun 1987-1989 dan menjadi konsultan arsitektur profesional.

Sambil bekerja, Musakkir tetap aktif gabung di organisasi profesi maupun non profesi seperti pernah bergabung di Partai Golkar, menjadi Ketua dan Wakil Bendahara Organisation Gotong Royong (Kosgoro), Ketua KNPI Kendari, Ketua Pelaksana Pemuda Pancasila Marga, dan masih banyak lagi.

Musakkir juga dikenal sebagai pengusaha sukses di Kota Kendari, ia punya beberapa bisnis termasuk properti seperti hotel dan villa yang berkembang pesat.

Usai jadi Wakil Wali Kota Kendari 2002-2007, ia vakum berpolitik dan kembali fokus menempuh dunia usaha. Salah satu alasannya untuk menjadi pengusaha adalah ia ingin mandiri dan tidak bergantung pada siapapun sehingga tak bisa diintervensi jika menjadi pejabat publik.

Baca Juga: Ini Sosok Perancang Desain Gerbang Batas Kota Kendari, Arsitek Putra Daerah Penerima Beasiswa di Inggris

Baginya, politik bukan ajang memperbaiki nasib tapi mengabdikan diri kepada masyarakat.

Puluhan tahun vakum, Musakkir kembali terpanggil untuk kembali ke dunia politik. Tahun depan ia mencalonkan diri untuk menjadi anggota DPR RI.

Bukan tanpa alasan, banyak hal yang ingin ia ubah di tanah kelahirannya Bumi Anoa. Ia melihat Sulawesi Tenggara punya potensi besar jadi provinsi sejahtera jika sumber daya alamnya dapat diolah mandiri oleh putra daerah dan pengusaha lokal.

Dilansir dari Infopemilu.kpu.go.id, tahap pencalonan anggota DPR RI saat ini menunggu masa kampanye yang rencananya akan dimulai 28 November 2023-10 Februari 2024. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga