Profil Hadi Tjahjanto Disebut Jabat Menko Polhukam Ganti Mahfud MD, Panglima TNI

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 20 Februari 2024
0 dilihat
Profil Hadi Tjahjanto Disebut Jabat Menko Polhukam Ganti Mahfud MD, Panglima TNI
Hadi Tjahjanto disebut jadi sosok calon kuat Menko Polhukam pengganti Mahfud MD. Bocoran soal calon Menko Polhukam itu datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Foto: detik.com

" Hadi Tjahjanto disebut jadi sosok calon kuat Menko Polhukam pengganti Mahfud MD. Bocoran soal calon Menko Polhukam itu datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni "

JAKARTA, TELISIK.ID - Hadi Tjahjanto disebut jadi sosok calon kuat Menko Polhukam pengganti Mahfud MD. Bocoran soal calon Menko Polhukam itu datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni.

Ahmad Sahroni, yang juga sebagai Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem itu mendengar kabar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (21/2/2024) besok.

"Saya dengarnya begitu (Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menko Polhukam), besok dilantik," kata Sahroni, dilansir dari Tribunpalu.com.

Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto adalah Purnawirawan TNI AU yang menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Baca Juga: Sosok Albert, Caleg DPRD Sulawesi Tenggara yang Dirikan Universitas Pertama di Pulau Muna

Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 ini merupakan putra pertama dari lima bersaudara dari pasangan Bambang Sudarto dan Nur Sa'adah.

Hadi memiliki istri bernama Nanik Istumawati. Dari pernikahannya itu, ia dikaruniai dua orang anak yang bernama Hanica Relingga Dara Ayu dan Lettu Pb Handika Relangga Bima Yogatama.

Hadi menyelesaikan Pendidikan SD pada tahun 1976. Kemudian, menyelesaikan Pendidikan SMP pada tahun 1979, diikuti oleh Pendidikan SMA pada tahun 1982. Ia berhasil diselesaikan S1 pada tahun 1997.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia di jurusan Manajemen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma pada 2017.

Melansir Tempo.co, Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987. Ia kemudian melanjutkan pendidikan militer di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (1995), Sekolah Instruktur Penerbangan (1999), College Interarmes De Defence (Sesko Perancis) (2001), Sekolah Staf dan Komando TNI (2009) serta PPSA Lemhannas (2015).

Kariernya di dunia militer diawali dengan menjadi perwira penerbang Skadron 04 Land Abdurahman Saleh. Kemudian, dia berhasil menduduki sejumlah jabatan penting seperti Danlanud Smo, Kadispenau, Danlanud Abd dan Irjen Kemhan RI.

Pada periode Januari 2017 hingga 2018, Hadi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Kemudian antara tahun 2017 dan 2021, dia menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia. Hadi merupakan Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto.

Baca Juga: Sosok Titiek Soeharto Mantan Istri Prabowo, Miliki Kekayaan Setengah Triliun

Selama kariernya di dunia militer, Hadi memperoleh banyak penghargaan seperti Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paki Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya.

Kemudian juga Bintang Swa Buwana Paksa Nararya, SL. Kesetiaan 8 Tahun, 16 Tahun. 24 Tahun, Dharma Nusa, SL. Gom IX Rasaka Dharma (Papua), SL. GOM VIl (Aceh), SL. Wira Nusa, SL. Wira Dharma, SL. Wira Siaga, SL. Dwidya Sistha dan SL. Bhakti Sosial.

Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 15 Juni 2022. Mantan Panglima TNI itu menggantikan posisi Sofyan Djalill.

Sebagai mantan Panglima TNI, ia dinilai oleh Presiden sebagai orang yang teliti dalam kerja lapangan. Sehingga, diyakini mampu menyelesaikan masalah pertanahan dan tata ruang di tanah air. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga