Profil Rusdianto, Tiga Periode sebagai Wakil Rakyat jadi Modal Tarung Cabup Konawe

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Profil Rusdianto, Tiga Periode sebagai Wakil Rakyat jadi Modal Tarung Cabup Konawe
Rusdianto (tengah) saat menemui dan menerima aspirasi masyarakat Konawe mengenai pembangunan smelter. Foto: Facebook Muhammad Hajar

" Menjelang Pemilu 2024, berbagai figur muncul menyapa memperkenalkan diri sebagai calon pemimpin bangsa. Salah satu sosok yang wajahnya tak asing bagi masyarakat Konawe, Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto yang mantap maju sebagai calon Bupati Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Menjelang Pemilu 2024, berbagai figur muncul menyapa memperkenalkan diri sebagai calon pemimpin bangsa. Salah satu sosok yang wajahnya tak asing bagi masyarakat Konawe, Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto yang mantap maju sebagai calon Bupati Konawe.

Politisi yang lama bernaung di PDIP itu bukan figur asing dan sudah lama nyemplung di dunia politik. Sebagian besar warga Konawe pasti sudah akrab dengan pria kelahiran 28 April 1978 tersebut, karena sering terlihat menghimpun aspirasi masyarakat sebagai wakil rakyat.

Perjalanan karir politik Rusdianto, sudah dimulai sejak 20 tahun lalu. Diawali dengan jabatannya sebagai pengurus ranting PDIP, hingga sekarang menjadi Ketua DPC PDIP Konawe.

Kemampuan memimpin dan politik sudah mendarah daging dalam dirinya, diwarisi oleh orangtua yang juga politisi PDIP dan pernah menjabat anggota DPRD Konawe.

Baca Juga: Masih Polos, Bacabup Muna Ihsan Ridwan Tidak Akan Bohongi Masyarakat

Meski anak politisi, Rusdianto mengaku bersih dari unsur koneksi orang tua. Hal tersebut dibuktikan dengan terpilih sebagai anggota DPRD Konawe, bukan di basis dapil yang dipimpin orangtuanya dulu.

Uniknya, Rusdianto merupakan satu-satunya anggota dewan di Sulawesi Tenggara yang terpilih tiga periode di tiga dapil berbeda, selalu menghimpun suara terbanyak di dapil tersebut.

Periode pertama (2009-2014) ia menjadi wakil bagi dapil 3 yang berada di wilayah Kecamatan Sampara, Soropia, Bondoala, Kapioala, Lalonggasumeeto, Morosi dan Anggalomoare.

Periode kedua (2014-2019) ia menjadi wakil rakyat sari dapil 2 yang meliputi Kecamatan Pondidaha, Wonggeduku, Besulutu, Meluhu, Amonggedo dan Wonggeduku Barat.

Periode ini (2019-2024), Rusdianto menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Konawe juga mewakil dapil 1 yang meliputi Kecamatan Unaaha, Wawotobi, Anggaberi dan Konawe.

Lahir di Konawe serta menjabat puluhan tahun sebagai wakil rakyat, Rusdianto tahu betul kondisi wilayahnya tersebut. Hal itu juga yang ia jadikan modal untuk maju sebagai calon Bupati Konawe.

Maju Konawe 01, Rusdianto berencana untuk mendorong dan memanfaatkan sumber daya alam di wilayahnya secara maksimal, sehingga dapat bernilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Supaya kita jangan jadi penonton di negeri sendiri,” jelas Rusdianto saat diwawancarai via telepon, Minggu (9/7/2023).

Ia menyadari besarnya potensi alam yang dimiliki Kabupaten Konawe, terutama pada dua sektor, yaitu pertanian dan sumber daya mineral. Kedua sektor itu juga yang menjadi rebutan investor asing untuk datang menanamkan modalnya.

Baca Juga: Bukan Prabowo, Ganjar atau Anies, Sejumlah Pemuda di Alor Nusa Tenggara Timur Dukung Muhaimin Nyapres 2024

Rusdianto menganggap kedatangan investor asing bukanlah ancaman, justru kabar baik bagi suatu daerah, asal memberi kontribusi sepadan terhadap perekonomian daerah seperti memperkejakan masyarakat lokal dalam operasionalnya.

Salah seorang budayawan di Sulawesi Tenggara, Nasrun menyambut baik niat Rusdianto untuk maju sebagai calon bupati. Menurutnya, Rusdianto merupakan sosok yang tepat yang paham seluk beluk adat, budaya dan tradisi masyarakat lokal di Kabupaten Konawe.

Selama menjabat menjadi anggota dewan, ia mengakui Rusdianto cukup memperhatikan dan mempertahankan aspek kearifan lokal di tengah banyaknya investor asing yang masuk ke Konawe. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga