Profil Saddil Ramdani Pemain Muda Asal Muna, Top di Liga Malaysia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 06 September 2022
0 dilihat
Profil Saddil Ramdani Pemain Muda Asal Muna, Top di Liga Malaysia
Saddil Ramdani adalah pemain sepakbola berusia muda asal Kabupaten Muna yang kini menunjukkan kualitasnya di tingkat internasional. Foto: Repro indosport

" Saddil Ramdani kini bermain di Liga Super Malaysia bersama Sabah FC walaupun sebelumnya dirinya juga pernah membela klub Sri Pahang FC sesama klub Malaysia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dunia sepakbola Indonesia selalu menarik dibicarakan. Karenanya, Nusantara tidak pernah kehabisan pemain muda potensial, salah satunya Saddil Ramdani yang kini sudah melangkah ke ranah internasional. 

Saddil Ramdani kini bermain di Liga Super Malaysia bersama Sabah FC walaupun sebelumnya dirinya juga pernah membela klub Sri Pahang FC sesama klub Malaysia.

Tidak hanya di klub, sebagai pemain Timnas Indonesia, Saddil juga termasuk pemain andalan.

Saddil Ramdani semakin menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang mampu memberikan dampak besar bagi tim. Pujian pun berdatangan bagi pemain berusia 23 tahun tersebut.

Betapa tidak, dikutip cnnindonesia.com, Saddil mencetak gol tendangan bebas dalam laga Sabah FC vs Kuala Lumpur City FC pada Kamis (1/9/2022). Tendangan kaki kiri Saddil mengantar bola meluncur deras masuk ke gawang.

Gol yang dicetak Saddil itu membuat Sabah FC bisa memaksakan hasil imbang 2-2.

Pendukung Sabah FC yang memadati Stadion Likas pun bergemuruh. Mereka terpesona oleh tendangan bebas indah yang dilakukan oleh Saddil. Sorak sorai pun menyambut gol tersebut.

Baca Juga: Profil Anak Sulung Ferdy Sambo, Gadis Cantik Ingin Ikuti Jejak Putri Cendrawathi

Dilansir sportstart.id dari berbagai sumber, Saddil Ramdani adalah pemain sepak bola profesional kelahiran 2 Januari 1999.

Saddil merupakan putra daerah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Dengan tinggi 1,72 meter, Saddil kerap dimainkan sebagai winger, pemain sayap.

Diketahui, sejak kecil dirinya sudah terobsesi menjadi pemain sepak bola profesional yang sukses. Saddil sudah bercita-cita memiliki penghasilan sendiri dari bermain sepak bola. Karena itu, dia pernah merantau hingga Kendari dan beberapa daerah lainnya untuk bermain sepak bola di turnamen antar kampung (tarkam).

Perjalanannya merantau akhirnya tiba di Malang, Jawa Timur. Di sana dia ditampung oleh Sekolah Sepak Bola (SSB) milik Aji Santoso, ASIFA.

Nama mantan pemain Bhayangkara FC ini sempat melambung. Itu setelah Saddil mencetak gol indah untuk Sabah FC dalam pertandingan pramusim melawan Kelantan FC pada Februari 2022 lalu.

Saddil Ramdani diketahui telah bergabung di klub Sabah Football Club sejak 18 Februari 2021. Klub tersebut berkompetisi di kasta tertinggi Liga Malaysia. 

Menariknya, sebelumnya dia juga bermain untuk Sri Pahang FC di Liga Malaysia. Dia bergabung di tim tersebut sejak Januari 2019. Saddil mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 28 pertandingan dengan mencetak 3 gol. Lalu pada Februari 2020 kembali ke Bhayangkara F.C di musim 2020/2021.

Karir senior di klub pertama dimulai dengan bergabung klub Persela Lamongan. Di sana Saddil bermain sepanjang musim 2016 hingga 2018. Penampilannya di lapangan mencapai 30 pertandingan dan sukses mencetak 6 gol.

Baca Juga: Profil Tere Liye, Penulis Novel yang Penuh Inspirasi

Perjalanan Saddil Ramdani di Timnas Indonesia dimulai sejak tahun 2013 di mana dia membela kelompok U-17. Saddil kemudian melanjutkan penampilan di timnas dalam periode 2016 hingga 2018 dengan bermain di kelompok  U-19. 

Pada periode ini Saddil bermain hingga 19 kali dan mencetak 11 gol. Lalu mulai tahun 2017 hingga 2021 dirinya dipercaya bergabung dengan timnas kelompok U-23 dan juga senior. Saddil bermain dalam 22 pertandingan dan mencetak 5 gol. 

Namun bersamaan itu dirinya juga sekaligus bermain untuk level senior sejak tahun 2019. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga