Profil Singkat dan Perjalanan Karir Bakal Calon Bupati Konawe Rusdianto

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 14 Juli 2024
0 dilihat
Profil Singkat dan Perjalanan Karir Bakal Calon Bupati Konawe Rusdianto
Empat periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Konawe, Rusdianto mantapkan diri sebagai bakal calon Bupati Konawe. Foto: Ist

" Menjelang Pilkada 2024, berbagai figur muncul menyapa memperkenalkan diri sebagai bakal calon pemimpin di Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Menjelang Pilkada 2024, berbagai figur muncul menyapa memperkenalkan diri sebagai bakal calon pemimpin di Kabupaten Konawe.

Salah satu sosok yang wajahnya tak asing bagi masyarakat Konawe, Wakil Ketua DPRD Konawe, Rusdianto yang mantap maju sebagai calon Bupati Konawe 2024.

Politisi yang lama bernaung di PDIP itu bukan figur asing dan sudah lama nyemplung di dunia politik. Sebagian besar warga Konawe sudah akrab dengan pria kelahiran 28 April 1978 tersebut, karena sering terlihat menghimpun aspirasi masyarakat sebagai wakil rakyat.

Perjalanan karir politik Rusdianto, sudah dimulai sejak 20 tahun lalu. Diawali dengan jabatannya sebagai pengurus ranting PDIP, hingga sekarang menjadi Ketua DPC PDIP Konawe.

Kemampuan memimpin dan politik sudah mendarah daging dalam dirinya, diwarisi oleh orangtua yang juga politisi PDIP, Alia dan pernah menjabat anggota DPRD Konawe.

Baca Juga: Sosok Brian Clash of Champion Ruangguru, Punya IPK 3,41 Fakultas Kedokteran UGM Beberkan Tips Ini

Meski anak politisi, Rusdianto mengaku bersih dari unsur koneksi orang tua. Hal tersebut dibuktikan dengan terpilih sebagai anggota DPRD Konawe, bukan di basis dapil yang dipimpin orangtuanya dulu.

Di kanca politik daerah, Rusdianto merupakan sosok yang diperhitungkan karena memiliki jiwa leadership yang kuat. Darah politik yang mengalir dari orang tua membuat Rusdianto mampu bertahan hingga saat ini.

Uniknya, Rusdianto merupakan satu-satunya anggota dewan di Sulawesi Tenggara yang terpilih tiga periode di tiga dapil berbeda, selalu menghimpun suara terbanyak di dapil tersebut.

Periode pertama (2009-2014) ia menjadi wakil bagi dapil 3 yang berada di wilayah Kecamatan Sampara, Soropia, Bondoala, Kapioala, Lalonggasumeeto, Morosi dan Anggalomoare.

Periode kedua (2014-2019) ia menjadi wakil rakyat sari dapil 2 yang meliputi Kecamatan Pondidaha, Wonggeduku, Besulutu, Meluhu, Amonggedo dan Wonggeduku Barat.

Periode ketiga (2019-2024), Rusdianto menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Konawe juga mewakil dapil 1 yang meliputi Kecamatan Unaaha, Wawotobi, Anggaberi dan Konawe.

Dalam periode ini, pria yang akrab disapa RD ini memperoleh suara sebanyak 2.282 suara. Ia pun kembali menduduki kursi pimpinan DPRD sebagai Wakil Ketua.

Dan periode keempat (2024-2029) Rusdianto kembali terpilih di dapil 1, dengan meraup suara terbanyak yakni 3754, dan di gadang-gadang akan menjadi Ketua DPRD Kabupaten Konawe.

Lahir di Konawe serta menjabat puluhan tahun sebagai wakil rakyat, Rusdianto tahu betul kondisi wilayahnya tersebut. Hal itu juga yang ia jadikan modal untuk maju sebagai calon Bupati Konawe.

Maju Konawe 01, Rusdianto berencana untuk mendorong dan memanfaatkan sumber daya alam di wilayahnya secara maksimal, sehingga dapat bernilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

Rusdianto menyadari besarnya potensi alam yang dimiliki Kabupaten Konawe, terutama pada dua sektor, yaitu pertanian dan sumber daya mineral. Kedua sektor itu juga yang menjadi rebutan investor asing untuk datang menanamkan modalnya.

Baca Juga: Profil Ahmad Safei, Mantan Bupati Kolaka Dua Periode Miliki Harta Puluhan Miliar

Rusdianto menganggap kedatangan investor asing bukanlah ancaman, justru kabar baik bagi suatu daerah, asal memberi kontribusi sepadan terhadap perekonomian daerah seperti memperkejakan masyarakat lokal dalam operasionalnya.

Diketahui, selama menjadi anggota dewan, Rusdianto cukup memperhatikan dan mempertahankan aspek kearifan lokal di tengah banyaknya budaya asing yang masuk ke Konawe. Sehingga Rusdianto dinilai sebagai figur yang tepat untuk memimpin Konawe karena paham seluk beluk adat, budaya dan tradisi masyarakat lokal di Kabupaten Konawe.

Selain jabatan politik, Rusdianto juga memegang jabatan di bidang olahraga. Saat ini RD masih menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten atau Askab Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Konawe periode 2022-2026 dan Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Konawe periode 2021-2025.

Baru-baru ini, RD terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe.

Rusdianto juga pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Konawe periode 2016-2021. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga