Program Unggulan Pembangunan Desa Andowengga Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 16 April 2023
0 dilihat
Program Unggulan Pembangunan Desa Andowengga Kolaka Timur
Optimalisasi penggunaan Dana Desa Andowengga membuat program prioritas untuk menunjang pembangunan desa.Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Optimalisasi penggunaan dana desa yang harus sesuai regulasi dan kebijakan Pemerintah Desa Andowengga, Kecamatan Poli-polia, Kabupatrn Kolaka Timur meluncurkan program prioritas untuk menunjang pembangunan desa "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Optimalisasi penggunaan dana desa yang harus sesuai regulasi dan kebijakan Pemerintah Desa Andowengga, Kecamatan Poli-polia, Kabupatrn Kolaka Timur meluncurkan program prioritas untuk menunjang pembangunan desa.

Program utama di Desa Andowengga yaitu pembangunan drainase 130 meter, irigasi untuk sawah, pembuatan talud, peningkatan jalan desa, pembuatan empang air tawar, serta penyaluran BLT DD di 60 KPM.

Kepala Desa Andowengga, Samsu Alam mengatakan program pembangunan drainase dikerjakan di dusun IV, dan irigasi ada 100 meter dusun II Desa Andowengga.

Baca Juga: 2 Hari Pasca Pemukulan Kadis Dikbud Kolaka Timur, DPRD Minta Sekda Bertindak

"Pembuatan talud 30 meter, serta peningkatan jalan sepanjang 2 kilometer di Desa Andowengga," ucapnya, Minggu (16/4/2023).

Program peningkatan jalan untuk menunjang perekonomian di Desa Andowengga. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Ia juga mengatakan program pembangunan, drainase, irigasi serta peningkatan jalan itu untuk menunjang kegiatan persawahan dan perkebunan yang ada.

Samsu Alam menjelaskan untuk pembuatan empang air tawar ada 10 titik untuk budidaya ikan dan menambah pendapatan masyarakat.

"Kami juga sudah menyalurkan BLT DD ke-60 KPM dan sementara pengerjaan deker 2 unit," jelasnya.

Pemerintah Desa Andowengga mengembangkan badan usaha milik desa yaitu Saprodi, penjualan racun dan obat tanaman untuk para petani.

Sekertaris Desa Andowengga, Bustam mengatakan program itu untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Bagi Ribuan Sembako di Kolaka Timur

"Program desa ini sudah kami rancang atas kesepakatan bersama masyarakat dalam musrenbang tingkat desa," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Irwan Kara mengatakan penggunaan anggaran dana desa harus sesuai dengan kebutuhan dan keadaan sosial ekonomi masyarakat.

"Saya harap kepala desa dapat menggunakan dana desa sesuai ketentuan yang ada," tuturnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga