adplus-dvertising

PT Jhonlin Disurati Untuk Bertanggungjawab Atas kerusakan Jalan

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 06 Juli 2020
2493 dilihat
PT Jhonlin Disurati Untuk Bertanggungjawab Atas kerusakan Jalan
Aktivitas kendaraan truk pengangkut raw sugar milik PT Jhonlin di Pelabuhan Paria. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Sesuai pernyataan dari pihak perusahaan (JBM), pemerintah harus bermohon secara resmi kepada mereka. Tapi sudah lebih satu bulan kami surati hingga saat ini belum ada balasan dari perusahaan. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Camat Lantari Jaya melayangkan surat menuntut PT Jhonlin Batu Mandiri untuk melakukan perbaikan jalan yang digunakan dalam pengangkutan Raw Sugar ke pabrik yang berlokasi di Desa Watu-Watu, Lantari Jaya.

Camat Lantari Jaya, Dwi Asmoro mengatakan, pihaknya telah lama melayangkan surat tersebut sebagaimana permintaan PT JBM bahwa pemerintah daerah harus melayangkan surat yang bermuatan permohonan perbaikan jalan kepada pihak perusahaan tebu itu.

"Sesuai pernyataan dari pihak perusahaan (JBM), pemerintah harus bermohon secara resmi kepada mereka. Tapi sudah lebih satu bulan kami surati hingga saat ini belum ada balasan dari perusahaan," ucap Dwi Asmoro kepada Telisik.id.


Menurutnya, Sepenjang ruas jalan penghubung antar desa, yakni Desa Watu-Watu, Desa Kalaero, Desa Langkowala dan Desa Lombakasih alami kerusakan akibat digunakan hauling melebihi kapasitas.

"Warga kami pada empat desa di Kecamatan Lantari sangat merasakan dampaknya armada-armada besar ini, jadi hanya meminta agar perusahaan memiliki inisiatif untuk memperbaiki jalan kami," lanjutnya.

Baca juga: Sejumlah Ruas Jalan di Bombana Rusak Akibat Ulah PT Jhonlin

Senada, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana, Iskandar, mengatakan, bakal melakukan pengkajian untuk mendorong perusahaan dan pemerintah daerah untuk bertanggung jawab atas kerusakan jalan di 8 kecamatan yang telah dilintasi kendaraan PT JBM.

"DPR akan mendorong perusahaan dan Pemda agar ada upaya perbaikan atas kerusakan jalan yang dilintasi oleh kendaraan berkapasitas besar pada delapan kecamatan di Bombana," ucap Iskandar.

Dikonfirmasi terpisah, Humas PT Jhonlin Batu Mandiri, Dasril, menyetujui adanya tuntutan warga terkait perbaikan jalan. Kata dia, Perusahaan telah beriktikad memperbaiki beberapa ruas jalan yang rusak parah.

Dasril pun membenarkan adanya surat permohonan yang dilayangkan oleh pemerintah kepada perusahaan. Namun terkait balasan surat tersebut tidak diketahui olehnya.

"Sudah ada beberapa ruas jalan telah ditimbun, untuk perbaikan secara total itu belum bisa karena kendaraan masih aktif. Tetapi perusahaan sudah ada niatan untuk lakukan perbaikan apalagi pemerintah sudah bermohon," ungkap Dasril.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga