PT KIB Nusa Tenggara Timur Diminta Ikut Majukan Free Trade Zone di Perbatasan RI-Timor Leste

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
PT KIB Nusa Tenggara Timur Diminta Ikut Majukan Free Trade Zone di Perbatasan RI-Timor Leste
Gubernus Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat mengapresiasi keberadaan PT KIB untuk memajukan daerah dan mendukung Free Trade Zone di perbatasan RI-Timor Leste. Foto: Ist.

" PT Kawasan Industri Bolok (KIB) resmi beroperasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemerintah dan masyarakat pun mengapresiasi tahapan modernisasi pertumbuhan industri di wilayah itu "

KUPANG, TELISIK.ID - PT Kawasan Industri Bolok (KIB) resmi beroperasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemerintah dan masyarakat pun mengapresiasi tahapan modernisasi pertumbuhan industri di wilayah itu.

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, kehadiran PT KIB dapat menopang pembangunan daerah. Sebuah daerah akan dikatakan ekonominya hebat kalau industrinya mulai berkembang.

Untuk mencapai tahapan tersebut, kata gubernur, masyarakat harus mengubah pola pikir menjadi manusia modern yang sudah cepat tanggap terhadap perkembangan industri saat ini.

Baca Juga: Kantor PDAM Kolaka Timur Tak Terawat

Gubernur juga menyentil rencana pembangunan Free Trade Zone di perbatasan RI dan Timor Leste yang akan menjadi zona ekonomi dan industri khusus.

"Kemarin dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Timor Leste dibahas khusus ini. Di perbatasan RI-Timor Leste nanti akan dibangun 30 sampai 40 industri-industri besar yang tentunya akan membawa dampak ekonomi bagi Timor Leste," kata Viktor, Kamis (23/2/2023) di Kupang.

Kata Viktor, PT KIB harus menyiapkan diri untuk terlibat aktif dalam industri yang ada di Free Trade Zone untuk mendukung arus industri di perbatasan RI-Timor Leste.

Menurutnya, potensi energi terbarukan yang dimiliki Nusa Tenggara Timur mampu menopang kemajuan industri di perbatasan RI-Timor Leste, di antaranya energi panas matahari, angin, panas bumi dan arus laut.

"Karena itu PT KIB di Nusa Tenggara Timur harus mampu mendukung penuh industri di perbatasan Timor Leste dengan energi-energi itu," tuturnya.

Keberadaan PT KIB, juga harus membuka jejaring relasi dengan kawasan industri lainnya di Timor Leste atau negara-negara lain, sehingga makin banyak masukan dan ilmu yang didapat oleh PT KIB.

Hal penting lainnya ialah keterlibatan pebisnis muda yang ikut berpatisipasi dalam pelayanan agar ekonomi industri di Nusa Tenggara Timur tetap berkelanjutan.

Baca Juga: Rawan Kebakaran, Damkar Kolaka Utara Butuh Puluhan Hidran

Sementara itu Direktur Utama PT KIB, Gabriel Kenenbudi mengatakan, kehadiran PT KIB merupakan sebuah lambang kemajuan industri di Nusa Tenggara Timur maupun di Timor Leste.

Juga merupakan langkah atau bagian strategi. Sebab bukan hanya pemerintah yang mengambil peran tetapi pelaku bisnis yang turut memajukan daerah ini.

"Saya mengajak masyarakat dan pelaku bisnis untuk kerja bangun daerah dengan kekuatan industri. Kami siap bekerja sama dengan semangat tinggi dan kerja cerdas demi kemajuan Nusa Tenggara Timur," katanya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga