PT SMI Beri Waktu OPD Lengkapi Dokumen Izin Lingkungan Hingga Pencairan Dana Tahap Tiga

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 16 Juli 2022
0 dilihat
PT SMI Beri Waktu OPD Lengkapi Dokumen Izin Lingkungan Hingga Pencairan Dana Tahap Tiga
Inspektur Muna, La Koanto dan Kadis KP, La Kusa. Foto : Ist.

" Proses pencairan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) pada kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Muna cukup ketat "

MUNA, TELISIK.ID - Proses pencairan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) pada kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Muna cukup ketat.

Pada proyek pembangunan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di Laino dengan total anggaran Rp 13 miliar, PT SMI meminta agar dokumen izin lingkungannya dilengkapi.

Inspektur Muna, La Koanto mengakui hal tersebut. Namun, sesuai kesepakatan perjanjian yang dibangun antara PT SMI dan Bupati, LM Rusman Emba Nomor Perj/144/SMI/0921 dan nomor 900/1655 tentang Pencairan Pinjaman pada pasal 9 ayat 6 huruf d menyatakan, pencairan tahap ketiga dilaksanakan pihak kedua apabila telah memenuhi persyaratan umum, akumulasi pencairan tahap pertama dan tahap kedua telah terealisasi 90 persen dari jumlah yang telah dicairkan termaksud adanya kelengkapan dokumen lingkungan sesuai yang disyaratkan.

"Bagi OPD yang belum melengkapi izin dokumen lingkungan diberi waktu hingga pencairan tahap ketiga," kata Koanto, Sabtu (16/7/2022).

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Fasilitasi Bimtek Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kolaka Timur

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan (KP) Muna, La Kusa menerangkan, untuk dokumen UKL UPL telah selesai dan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Tenggara untuk dilakukan pembahasan. Namun, di sisi lain, masih dibutuhkan dokumen lain dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kita tinggal menunggu undangan pembahasan dari KKP terkait kesesuaian pemanfaatan ruang laut," kata La Kusa.

Baca Juga: Dukung Reforma Agraria, Bupati se-NTT Diminta Legalisasi Aset Tanah

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) itu mengaku, tidak masalah dengan proyek pembanguan TPI. Proyek tetap akan dilaksanakan dan dipastikan, sebelum pencairan dana tahap ketiga, dokumen izin lingkungannya sudah selesai. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga