PT Srikandi Sultra Utama kembali Gelar Diksar Gada Pratama

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 24 Januari 2024
0 dilihat
PT Srikandi Sultra Utama kembali Gelar Diksar Gada Pratama
PT Srikandi Sultra Utama (PT SSU) kembali melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama di aula BPMP Sulawesi Tenggara, Rabu (24/1/2024). Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Satuan Pengamanan (Satpam) adalah satuan atau kelompok profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas non yustisial, yang dibentuk melalui perekrutan oleh badan usaha jasa pengamanan "

KENDARI, TELISIK.ID - Satuan Pengamanan (Satpam) adalah satuan atau kelompok profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas non yustisial, yang dibentuk melalui perekrutan oleh badan usaha jasa pengamanan.  

Profesi Satpam tak sembarang bisa dilakukan setiap orang. sebelum bekerja, Satpam perlu melewati 3 Tahap berdasarkan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 yakni Tahap awal Perekrutan, selanjutnya Tahap pelatihan dan Tahap akhir adalah Pengukuhan yang ditandai dengan pemberian Ijazah serta Kartu Tanda Anggota (KTA) Satpam.

Selanjutnya anggota Satpam nantinya merupakan pembantu Polri dalam mengemban fungsi Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban warga yang terbatas di lingkup atau wilayah tempat kerjanya masing-masing.

Salah satu BUJP bidang Pelatihan Keamanan yaitu PT. Srikandi Sultra Utama (SSU) kembali melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Satpam Kualifikasi Gada Pratama, yang ditandai dengan upacara pembukaan pendidikan pelatihan Bertempat di Aula Pancasila Kantor Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Tenggara, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga: Lima Hari Pencarian, Nelayan yang Hilang di Perairan Pasarwajo Belum Ditemukan

Kasubdit Binsatpam/polsus Ditbinmas Polda Sultra, AKB. Yusuf M.,S.H.,M.H. menuturkan bahwa pelatihan satpam ini adalah pelatihan kualifikasi Gada Pratama Gelombang I diawal Tahun 2024 ini, tujuan dilaksanakannya pelatihan Satpam tidak hanya sekedar untuk mendapatkan ijazah dan KTA agar mereka bisa bekerja.

Namun tentunya anggota Satpam ini mempunyai kompetensi sebagai anggota Satpam secara profesional berintegritas tinggi dan mampu bersinergi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan tugas di lingkup tempat kerja.

Untuk membentuk Satpam berkualitas tersebut, pelatihan Gada Pratama dibekali dengan berbagai pendidikan dan keterampilan yang memadai mulai dari kemampuan perseorangan yakni baris berbasi dan penghormatan, beladiri, penggunaan tongkat polri dan borgol, sampai dengan materi tugas pokok satpam dalam melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, pengamanan dan penggunaan alat securi dan masih ada beberapa materi pendukung yang berelevansi dengan tugas pengamanan dilingkup kerjanya nanti.

"Kalau berbicara satuan pengamanan ini kan bagian dari membantu Polri tapi sifatnya terbatas, jadi kami perlu melatih sesuai dengan tugas-tugas pokoknya," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Umum ABUJAPI wilayah BPD Sulawesi Tenggara, Rahmah, S.H. menuturkan, pelatihan ini merupakan pelatihan Satpam kualifikasi dasar yakni Gada Pratama bagi calon anggota satpam yang memang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang Satpam.

Baca Juga: Loker Kendari PT Hidup Jaya Perkasa Posisi Driver, Berikut Kualifikasinya

Pelatihan ini penting untuk diikuti sebelum menempuh jenjang pelatihan Satpam berikutnya, khususnya bagi tingkat dasar. Pelatihan ini memiliki konsep dan metode pembelajaran yang disusun dengan kurikulum pembelajaran yang sangat tepat bagi peserta yang disertai dengan sarana dan prasarana belajar yang sangat memadai.

Kegiatan pelatihan dipimpin oleh para instruktur yang berdedikasi tinggi, praktisi berpengalaman, para cendikiawan dan profesional di bidangnya juga oleh para perwira Polda Sultra. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari.

Pelatihan Satpam merupakan rangkaian proses pembentukan untuk mendapatkan keahlian, pengetahuan tentang tugas dan peraturan, serta pembentukan sikap seorang tenaga Satpam, guna meningkatkan performa serta kinerjanya.

Ijazah dan KTA (Kartu Tanda Anggota) Satpam merupakan kartu yang wajib dimiliki oleh setiap satpam. Untuk mendapatkannya harus melewati rangkaian pelatihan satpam yang diselenggarakan oleh Polri. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga