PT Srikandi Sultra Utama Sukses Kader Anggota Satpam Lewat Pelatihan Gada Pratama

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 01 November 2023
0 dilihat
PT Srikandi Sultra Utama Sukses Kader Anggota Satpam Lewat Pelatihan Gada Pratama
Puluhan peserta pelatihan dasar satpam gada pratama PT Srikandi Sultra Utama. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Profesi satpam tak sembarang bisa dilakukan setiap orang. Sebelum bekerja, satpam perlu dapat pendidikan dan pelatihan sebagai salah satu perpanjangan tangan polisi dalam menjaga keamanan di tempatnya bekerja "

KENDARI, TELISIK.ID - Profesi satpam tak sembarang bisa dilakukan setiap orang. Sebelum bekerja, satpam perlu dapat pendidikan dan pelatihan sebagai salah satu perpanjangan tangan polisi dalam menjaga keamanan di tempatnya bekerja.

Puluhan satpam dan calon satpam berhasil melewati pendidikan dan pelatihan dasar satpam gada pratama dari PT Srikandi Sultra Utama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengamanan di Kota Kendari.

Wakil Manajer Operasional PT Srikandi Utama Sultra, Dewi Anggraeni mengatakan, sebanyak 70 peserta mengikuti pelatihan selama 8 hari sejak 25 Oktober hingga 1 November 2023. Pelatihan tersebut dilakukan di UPTD Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Dinas Pertanian dan Peternakan, Jalan Chairil Anwar, Puuwatu, Kota Kendari.

Baca Juga: HUT ke-52 Korpri, PNS Polri Polda Sulawesi Tenggara Doa Bersama Lintas Agama

Sebagian besar peserta terdiri dari kalangan umum yang belum bekerja, sedang yang lain merupakan satpam utusan dari perusahaan tempatnya bekerja. Adapun pendidikan dan pembinaan dilakukan langsung dari Polda Sulawesi Tenggara.

Penyematan kartu anggota satpam dan ijazah pelatihan oleh Kombes Pol Jemi Juniadi. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Di hari terakhir pelatihan, upacara penutupan dan penyematan tanda anggota satpam disematkan langsung oleh Dirbinmas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Jemi Juniadi, Rabu (1/11/2023).

Jemi mengatakan, pelatihan dan pembinaan satpam sangat penting untuk mempersiapkan satuan pengamanan yang akan memiliki kemampuan kepolisian terbatas serta dibutuhkan di wilayah kerja masing-masing.

Tempat sama, Kasubdit Bin Satpam/Polsus, Karjono Liwang mengatakan, pembinaan dan pelatihan satpam dilakukan langsung oleh anggota kepolisian.

Selama 8 hari pelatihan, pihaknya memaparkan berbagai macam materi teori dan praktik yang nantinya dibutuhkan satpam selama bekerja.

Baca Juga: Ini Jadwal KM Sabuk Nusantara 78 Periode November 2023

"Kalau lapangan itu misalnya kita mengajarkan mereka PBB (Peraturan Baris Berbaris), bela diri Polri, tongkat borgol," jelasnya.

Sedangkan untuk materi yang bersifat teori yang diajarkan seperti pengaturan pengawalan dan patroli (turjawali) serta pelayanan-pelayanan prima, juga tugas-tugas yang ada hubungannya dengan hak yang diberikan kepada satpam tentang tugas kepolisian terbatas.

Layaknya sekolah, setelah mendapat pelatihan para peserta juga akan mendapat ijazah dan kartu anggota satpam yang bisa digunakan untuk memasuki profesi satpam. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga