Pulau Balu, Miliki Potensi untuk Jadi Desa Wisata Unggulan

Amsir, telisik indonesia
Kamis, 14 April 2022
0 dilihat
Pulau Balu, Miliki Potensi untuk Jadi Desa Wisata Unggulan
Pantai Pulo Balu, Desa Santiri. Foto: Ist.

" Pulau Balu, selain dekat dengan Tondasi, juga memiliki atraksi budaya masyarakat Bajo yang masih terpelihara "

MUNA BARAT,  TELISIK.ID - Muna Barat dikenal memiliki pulau-pulau dengan potensi pariwisata yang menjanjikan. Salah satunya agalah Pulau Balu yang terletak di Desa Santiri, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Mubar, Al Rahman mengatakan, masyarakat di wilayah itu harus memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai kemampuan masing-masing dengan memberdayakan potensi secara maksimal demi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di Desa Santiri.

"Apabila ada wisatawan dari luar daerah, tidak susah lagi mencari air tawar, karena di Pulau Balu ada sumber air tawar," tutur Al Rahman, Kamis (14/4/2022).

Pihaknya selalu berupaya meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Desa Santiri. Apalagi Muna Barat adalah salah satu daerah penyangga destinasi wisata Wakatobi bersama tujuh destinasi wisata lainnya di Sultra.

Baca Juga: 68 KPM Desa Bumi Indah Terima BLT Tahap Pertama

“Tahun ini kita programnya fokus pada Desa Wisata unggulan. Insya Allah dalam waktu dekat akan kita lakukan focus group discussion (FGD) di Desa Santiri untuk membahas tentang Desa Wisata unggulan Muna Barat. Ini masuk program Kementerian Pariwisata,” kata Al Rahman.

Pulau Balu, selain dekat dengan Tondasi, juga memiliki atraksi budaya masyarakat Bajo yang masih terpelihara. Kemudian ada silat yang menggunakan tongkat untuk menjemput tamu agung, lalu ada iko-iko, semacam menceritakan sejarah Bajo yang diikuti alunan musik menggunakan bahasa Makassar dan Bajo.

"Keunikannya yang lain, ketika air surut, maka warga akan berlomba-lomba memanah lobster,” terangnya.

Baca Juga: Tak Indahkan Peringatan Polisi, Puluhan Motor Bakal Nginap di Polres Konawe Sampai Lebaran

Al Rahman menambahkan, lingkungan Pulau Balu sudah tertata, tinggal kebersihannya saja yang harus dibenahi. Pemdes setempat juga sudah menyiapkan homestay bagi wisatawan.

Wisatawan juga tidak susah lagi mencari ojek laut untuk menyeberang ke Pulo Balu.

Harga ojek laut dari Tondasi ke Desa Santiri, Pulo Balu, Rp 5.000 per orang.

Sehingga  dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan aset dan potensi yang dimiliki. (C)

Reporter: Amsir

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga