Pulau Baru Muncul Setelah Gempa di Maluku

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
Pulau Baru Muncul Setelah Gempa di Maluku
Sebuah pulau kecil muncul di laut desa Teinema, Kecamatan Wuar Labobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, pascagempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang wilayah tersebut. Foto: Repro Kompas.com

" Kemunculan 'pulau baru' di Tanimbar pasca gempa itu disebabkan oleh deformasi regional "

TANIMBAR, TELISIK.ID - Sebuah pulau muncul usai peringatan tsunami dan gempa berkekuatan Magnitudo 7,5 mengguncang wilayah setempat pada Selasa (10/1/2023) dini hari di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Melansir Cnnindonesia.com, Kepala Desa Teinaman, Kecamatan Tanimbar Utara, Bony Kelmaskosu mengatakan, fenomena kemunculan pulau itu membuat masyarakat Desa Teineman panik dan takut. Mereka pun diminta mengungsi untuk sementara waktu.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku, Herfien Samalehu menjelaskan bahwa kemunculan 'pulau baru' di Tanimbar pasca gempa itu disebabkan oleh deformasi regional.

"Dalam hal ini kenaikan daratan di Teinema, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, merupakan blok yang naik secara keseluruhan dalam hal ini tidak berpengaruh signifikan terhadap wilayah Tanimbar," ujarnya, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: HUT Kolaka Timur Digelar Sangat Meriah Namun Tugu 45 Terabaikan

Baca Juga: Kapal Kayu Ganti Peran Fery Penyeberangan Kendari-Langara yang Docking

Kemunculan 'pulau baru' setelah gempa bumi itu bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, fenomena yang sama juga pernah terjadi ketika gempa bumi mengguncang Aceh dan Nias beberapa tahun lalu.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang wilayah Maluku pada Selasa (10/1/2023) pukul 02.47 waktu setempat terletak pada koordinat 7,37 LS dan 130,23 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km. Akibatnya, sebanyak 15 rumah warga di Kepulauan Tanimbar mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga