Puluhan Mahasiswa Kolaka Utara Keciprat Bantuan Penyelesaian Studi dari Dana Zakat ASN

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 03 Mei 2023
0 dilihat
Puluhan Mahasiswa Kolaka Utara Keciprat Bantuan Penyelesaian Studi dari Dana Zakat ASN
Penyerahan secara simbolis bantuan zakat profesi ASN yang dikelolah Baznas oleh Pj Bupati Kolaka Utara, Parinringi kepada salah satu perwakilan mahasiswa Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Bantuan penyelesaian studi diberikan kepada 70 mahasiswa Kolaka Utara baik yang mengenyam pendidikan di daerah maupun di luar daerah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Puluhan mahasiswa di Kabupaten Kolaka Utara menerima bantuan penyelesaian studi Strata Satu (S1) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kolaka Utara.

Kepala Baznas Kolaka Utara, H. Mustamin menuturkan, bantuan penyelesaian studi itu diberikan kepada 70 mahasiswa Kolaka Utara baik yang mengenyam pendidikan di daerah maupun di luar daerah.

"Dananya bersumber dari zakat profesi ASN Kolaka Utara," terangnya, Rabu (3/5/2023).

Setiap mahasiswa, lanjutnya, mendapat bantuan sebesar Rp 2 juta sehingga total keseluruhan Rp 90 juta.

"Kali ini diserahkan kepada 45 mahasiswa, sementara 25 lainnya sudah disalurkan sebelum Ramadan," urainya.

Baca Juga: Masyarakat Tapunopaka Konawe Utara Dapat Bantuan dan Pendampingan Pengelolaan Karamba

Selain bantuan penyelesaian studi, Baznas Kolaka Utara juga memberikan bantuan program sekolah mubaligh sejumlah 60 orang untuk disekolahkan selama 6 bulan.

"Setelah sekolah nantinya para mubaligh akan ditugaskan di desa-desa. Dananya sendiri mencapai Rp 50 juta," jelasnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi menyampaikan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada para mahasiswa yang tengah melakukan penyelesaian studi.

"Walaupun nominalnya tidak seberapa, kita berharap bantuan itu bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya," harapnya.

Kata Pj bupati, zakat profesi ASN yang dikelola oleh Baznas Kolaka Utara terbesar di Sulawesi Tenggara. Dari 17 kabupaten/kota, hanya Kolaka Utara yang memberikan bantuan studi.

Baca Juga: Open House Pj Bupati Beri Bantuan Dana Hibah Tujuh Ponpes di Kolaka Utara

"17 kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara, hanya Kolaka Utara yang memberikan bantuan penyelesaian Studi untuk mahasiswa,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Baznas Kolaka Utara juga telah menyalurkan zakat ASN untuk fakir miskin di 130 desa dan kelurahan di Kolaka Utara pada momen Ramadan 1444 Hijriah kemarin.

Selain fakir miskin, Baznas juga memberikan bantuan kepada para marbut masjid sebesar Rp 1 juta per orang. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga