Puluhan Mualaf di Kolaka Utara Dapat Bimbingan Pelaksanaan Syariat Islam

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 26 Oktober 2022
0 dilihat
Puluhan Mualaf di Kolaka Utara Dapat Bimbingan Pelaksanaan Syariat Islam
Puluhan mualaf di Kabupaten Kolaka Utara mendapat bimbingan pelaksanaan syariat Islam. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Puluhan mualaf dari 24 desa di Kabupaten Kolaka Utara, mendapat bimbingan peningkatan pemahaman dan pelaksanaan syariat Islam yang diselenggarakan Baznas Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Puluhan mualaf dari 24 desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mendapat bimbingan peningkatan pemahaman dan pelaksanaan syariat Islam yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kolaka Utara.

Ketua Baznas Kolaka Utara, H. Mustamin, S.Ag merinci, mualaf yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 38 orang terdiri dari 27 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.

"38 mualaf ini tersebar di 24 desa se-Kabupaten Kolaka Utara," terangnya, Rabu (26/10/2022).

Ia berharap kegiatan pembinaan yang diagendakan berlangsung selama 4 hari ini dapat bermanfaat bagi para mualaf dalam menjalankan syariat-syariat Islam.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Baznas menyampaikan besaran zakat mal atau zakat profesi ASN di Kabupaten Kolaka Utara pada tahun 2021 lalu mencapai Rp 3,9 miliar, infaq Ramadan Rp 315 juta.

Baca Juga: 6 Orang Perempuan di Manggarai Terpilih Jadi Panwascam Pemilu 2024

"Total keseluruhan zakat dan infaq Ramadan yang masuk ke Baznas sebesar Rp 4,2 miliar," urainya.

Sebelumnya, Bupati Kolaka Utara, Parinringi, SE., M.Si saat membuka bimbingan syariat Islam untuk para mualaf mengapresiasi kinerja pengurus Baznas dalam mengumpulkan zakat mal dan infaq tiap tahunnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat dan ASN serta dedikasi pengurus Baznas sehingga zakat yang dikumpulkan setiap tahunnya di Kolaka Utara sangat signifikan jika dibandingkan daerah lain di Sulawesi Tenggara yang jumlah penduduk dan ASN-nya lebih banyak.

"Karena capaian itu, sehingga berdasarkan informasi Baznas Kabupaten Kolaka Utara berada pada urutan pertama sebagai organisasi Baznas terbaik se-Sulawesi Tenggara," ujarnya.

Ini bukti nyata kesungguhan dan dedikasi pengurus, lanjut Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini, yang telah mewakafkan dirinya di organisasi Baznas dalam rangka mengelola zakat mal dan infaq masyarakat Kolaka Utara.

"Semoga ke depannya capain ini dapat dipertahankan sebagai wujud peningkatan amalan ibadah kita kepada Allah SWT," harapnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkab Muna Barat Bakal Bantu Pengusaha Ayam Petelur

Ia juga  berharap pengurus Baznas dan Kementerian Agama Kolaka Utara senantiasa membangun komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan capaian zakat mal di kabupaten Kolaka Utara.

"Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara akan selalu memberikan dukungan kepada Baznas dan Kementerian Agama terkait pembinaan serta kegiatan-kegiatan keagamaan," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan bimbingan peningkatan pemahaman dan pelaksanaan syariat Islam yang diselenggarakan Baznas Kolaka Utara berlangsung selama empat hari, yakni sejak tanggal 25 - 28 Oktober 2022 di salah satu hotel di Kota Lasusu. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga