Puluhan Pelanggar Lalu Lintas di Kolaka Timur Kena Tilang

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
Puluhan Pelanggar Lalu Lintas di Kolaka Timur Kena Tilang
Puluhan pelanggar lalu lintas di Kolaka Timur terkena razia yang digelar Satlantas Polres Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Razia ini merupakan kegiatan berkelanjutan agar masyarakat Kolaka Timur lebih patuh terhadap keselamatan berlalu lintas "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Puluhan pelanggar lalu lintas di Kolaka Timur mendapat surat tilang dalam razia yang digelar Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kolaka Timur, Rabu (22/2/2023).

Puluhan kendaraan yang terjaring razia ini didominasi oleh kendaraan roda dua atau pengendara motor yang tidak menggunakan helm, surat-surat tidak lengkap serta knalpot racing atau bogar.

Kaurbinopsnal Satlantas Polres Kolaka Timur, Ipda Anton Ashar menuturkan, razia ini merupakan kegiatan berkelanjutan agar masyarakat Kolaka Timur lebih patuh terhadap keselamatan berlalu lintas.

"Karena ini merupakan tugas pokok kami di jalan sebagai polisi lalu lintas," tambahnya.

Ia juga menjelaskan, sejak pagi sudah ada 20 kendaraan yang terkena tilang serta puluhan kendaraan yang hanya diberikan imbauan dan peringatan.

Baca Juga: Puluhan Pelanggar Lalu Lintas di Kolaka Timur Dapat Teguran

"Untuk sementara ada yang kami berikan peringatan saja, tapi jika pelanggarannya sudah parah, kita tindak dengan tilang," tambahnya.

Anton menambahkan, pihaknya sudah dilengkapi dengan sprin untuk melakukan operasi lalu lintas.

"Sprin inikan berlaku satu bulan, jadi nanti setelah habis sprin ini akan diperpanjang," ungkapnya.

Tempat yang sama, Ipda Much. Billy Abrianto Putra Yasir, Kanitregident Satlantas Polres Kolaka Timur mengungkap, ada beberapa jenis tindak pelanggaran yang menjadi target operasi hari ini, seperti tidak memakai pelat kendaraan, pelat tidak sesuai spesifikasi, balap liar, knalpot bogar, serta tidak menggunakan helm.

"Jenis pelanggaran itu yang menjadi target razia kita hari ini, serta pelanggaran yang kasat mata lainnya," tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, sebelum melakukan razia, pihak Satlantas Polres Kolaka Timur telah melakukan sosialisasi kurang lebih 2 bulan untuk menertibkan lalu lintas yang ada di Kolaka Timur.

Baca Juga: Puluhan Pelanggar Lalu Lintas di Kendari hanya Dapat Teguran Polisi

Billy menambahkan, razia ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya pagi hari tetapi sore dan malam hari juga.

"Hanya kalau malam target kita itu yang membawa sajam, narkoba serta miras," ungkapnya.

Sementara itu, Askar, salah satu pelanggar lalu lintas mengatakan, ia mendapat teguran oleh pihak Satlantas karena istrinya yang dibonceng tidak menggunakan helm.

"Saya disuruh dulu ambil helm baru boleh jalan lagi, syukur tidak ditilang ji," tambahnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga