adplus-dvertising

Puluhan Peserta Upacara HUT RI di Kolaka Utara Tumbang, Satu Dirawat Intensif

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 17 Agustus 2022
917 dilihat
Puluhan Peserta Upacara HUT RI di Kolaka Utara Tumbang, Satu Dirawat Intensif
Puluhan siswa terpaksa dievakuasi ke tepi lapangan Aspirasi Lasusua oleh tim medis Polres Kolaka Utara dan tim PSC 119 Dinkes Kolaka Utara untuk mendapatkan penanganan medis. Satu orang mendapat perawatan intensif. Foto Muh Risal H/Telisik

" Sebanyak 41 orang siswa peserta upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tumbang "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sebanyak 41 orang siswa peserta upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tumbang.

Puluhan siswa tersebut terdiri dari pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan barisan anggota pramuka.  

Pantauan Telisik.id, dari 41 orang siswa itu, satu orang di antaranya mendapat perawatan intensif di dalam mobil ambulance PSC 119 Dinas Kesehatan Kolaka Utara.


Tiga pelajar lainnya diistrahatkan di dalam mobil ambulance milik Polres Kolaka Utara. Sementara puluhan siswa lainnya dan satu orang ASN dievakuasi di tepi Lapangan Aspirasi Lasusua oleh tim PSC 119 dan tim kesehatan Polres Kolaka Utara untuk mendapat penanganan medis.

Menurut penanggung jawab tim kesehatan Polres Kolaka Utara, Muhlis, hampir setiap momen HUT RI terjadi hal serupa. Tapi kata dia, yang terparah momen HUT RI tahun ini.

Baca Juga: Tari Lumense Kini Miliki Surat Hak Kekayaan Intelektual

"Ini upacara belum selesai sementara sudah 35 orang siswa ditambah 1 ASN dievakuasi keluar barisan upacara," katanya, Selasa (17/8/2022).

Sebagai langkah sigap, tim medis Polres Kolaka Utara dan PSC 119 memberikan air mineral, mengontrol tekanan darah, memberikan alkohol untuk dihirup, dan mengusap fresh care roll on kepuluhan siswa.

Ketua PSC 119 Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Nahdatul Ulama mengatakan, mereka yang tumbang mengeluh pusing dan mual dan mayoritas anggota pramuka.

"Mungkin mereka kelelahan atau fisik yang kurang bagus karena sebelumnya mereka mengikuti perkemahan dalam rangka memperingati HUT dan bisa juga belum sarapan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan jika satu orang mendapat perawatan intensif, mendapatkan cairan infus dan diberikan bantuan pernafasan, kondisinya sudah stabil dan membaik.

Baca Juga: Jangan Ajari Pj Bupati Muna Barat Soal Pengelolaan Birokrasi

"Tadi kita infus untuk memenuhi kebutuhan cairannya karena memang potensi dehidrasi akibat pengaruh panas," terangnya.

Sementara itu, salah satu anggota pramuka Muh. Irawan Ali yang ikut diikut dievakuasi mengungkapkan, dirinya belum sempat sarapan pagi di lokasi perkemahan yang berjarak sekitar 500 meter dari lokus upacara HUT RI.

"Sakit ulu hatiku pak, tidak sempat tadi sarapan di tempat berkemah langsung ada panggilan untuk mengikuti upacara HUT RI," jelasnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga