Puluhan Ribu Aktivis Lingkungan Turun ke Jalan di Glasgow dan Sejumlah Kota di Eropa, Ini Tuntutan Mereka

Marwan Azis, telisik indonesia
Minggu, 07 November 2021
0 dilihat
Puluhan Ribu Aktivis Lingkungan Turun ke Jalan di Glasgow dan Sejumlah Kota di Eropa, Ini Tuntutan Mereka
Aktivis lingkungan gelar demonstrasi yang diselenggarakan oleh Koalisi COP26 di Glasgow, Skotlandia, Sabtu (6/11/2021). Foto: Repro AP

" Puluhan ribu aktivis lingkungan turun ke jalan di Glasgow, Skotlandia yang menjadi tempat Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa (PBB) atau COP 26 "

GLASGOW, TELISIK.ID - Puluhan ribu aktivis lingkungan turun ke jalan di Glasgow, Skotlandia yang menjadi tempat Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa (PBB) atau COP 26.

Selain itu, seperti dikutip dari VOA, protes-protes iklim juga digelar Sabtu (6/11/2021) di kota-kota lain di seluruh Eropa, termasuk London, Amsterdam, Paris, Dublin, Copenhagen, Zurich dan Istanbul.

Para aktivis menuntut agar pemerintah-pemerintah bergerak lebih cepat untuk mengurangi polusi akibat batu bara dan bensin yang merusak iklim dan memanaskan suhu Bumi.

Para demonstran mengangkat poster-poster bertuliskan "Kode Merah bagi Kemanusiaan" dan "Stop penyumbang polusi besar." Sebuah poster bertuliskan, "Kalau bukan kalian, lalu siapa? Kalau bukan sekarang, lalu kapan?"

Dilansir AP Minggu (7/11/2021), para pendemo membentangkan spanduk yang berisi penolakan terhadap tambang batu bara di wilayah Cumbria, Inggris, dalam aksi unjuk rasa di luar gedung tempat konferensi iklim PBB di Glasgow, Scotland.

Baca Juga: Konser di Houston AS Ricuh, Travis Scott Buka Suara Soal Tewasnya 8 Orang

Baca Juga: Penumpang Kabur, Bandara Ini Mendadak Jadi Lumpuh

Negara Besar Janji Pangkas Penggunaan Batu Bara

Presiden KTT, Alok Sharma, mengatakan kepada para wartawan bahwa ia memahami rasa frustasi para demonstran.

"Saya pikir kita secara umum telah mencapai kemajuan," kata Sharma pada Sabtu (6/11/2021). "Saya pikir orang-orang konstruktif di ruang perundingan."

Dalam konferensi PBB hari ketujuh, para perunding membahas rancangan perjanjian yang bisa diserahkan kepada para menteri untuk mendapat persetujuan politik pekan depan.

Di antara isu-isu yang dibahas adalah komitmen baru untuk membatasi pemanasan global pada tingkat 1.5 derajat Celcius, mendorong negara-negara agar meningkatkan upaya pengurangan emisi, dan menyediakan bantuan keuangan lebih besar bagi negara-negara miskin untuk beradaptasi dengan perubahan iklim. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga