Puluhan Sopir Truk Demo ke DPRD, Protes Penyalahgunaan Solar Subsidi

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 01 Agustus 2022
0 dilihat
Puluhan Sopir Truk Demo ke DPRD, Protes Penyalahgunaan Solar Subsidi
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Sahabudin bersama anggota Komisi II lainnya menemui para pengunjuk rasa di ruangan Komisi II DPRD Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Puluhan truk melakukan konvoi menuju kantor DPRD Kota Kendari, berunjuk rasa memprotes dugaan penimbunan solar subsidi "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan truk melakukan konvoi menuju kantor DPRD Kota Kendari, berunjuk rasa memprotes dugaan penimbunan solar subsidi. Para sopir yang tergabung dalam Persatuan Sopir Truk (Persot) meminta pemerintah mengawasi dan melarang truk penimbun solar subsidi yang mengantri.

Ketua Persot, Ramlan Djen Usman mengatakan, dari pantauan mereka aksi pengisian solar subsidi dengan tangki rakitan sudah berjalan sekira dua tahun, namun belum juga ada tindakan.

Dalam aksinya, mereka menyampaikan 12 tuntutan, di antaranya meminta penghentian penggunaan nomor antrian solar karena banyaknya permainan curang antara petugas SPBU dan penimbun solar subsidi.

"Kami menolak pemakaian solar subsidi untuk truk kontainer, kami juga meminta pembatasan pengisian solar untuk kendaraan tertentu," ungkap para sopir dalam tuntutannya.

Menurut Ketua Persot, jika tidak dibatasi sangat rawan penyelewengan karena masih banyak mobil yang ikut antrian memiliki tangki modifikasi yang bisa memuat solar hingga satu ton.

Usai berorasi, para pengunjuk rasa diterima Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari Sahabudin dan beberapa anggota lainnya. Dalam rapat itu, mereka sepakat DPRD akan mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan sejumlah pihak terkait.

Baca Juga: Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Fasilitas Puskesmas Perumnas Jadi Sorotan

"Kita akan melakukan RDP dalam waktu dekat dengan mengundang Pertamina, SPBU dan dinas terkait, baik Dinas Perhubungan hingga Satpol PP," kata Sahabudin.

Menurut Politisi Partai Golkar ini, persoalan itu tidak hanya dirasakan para sopir truk, namun juga warga lainnya.

Tentang tuntutan Persot atas pencabutan izin terhadap SPBU yang diduga melakukan kecurangan dalam penjualan solar subsidi, Sahabudin meminta harus ada bukti jelas.

Baca Juga: Lowongan Kerja Kendari: PT Semeru Teknik Butuhkan Assistant Head Store, Ini Kualifikasinya

"Kami DPRD Kendari meminta Persot memberi bukti yang valid atau jelas. Jika terbukti kami pun meminta aparat bersikap tegas terhadap kecurangan tersebut," tambahnya.

Sebelum ke DPRD Kota Kendari, puluhan truk melakukan konvoi di 7 SPBU yang melayani penjualan solar subsidi di Kota Kendari. Mereka mendesak pihak SPBU menghentikan penjualan solar subsidi. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

Baca Juga