adplus-dvertising

Puluhan Warga Desa di Kolut Gotong Royong Benahi Jalan Provinsi

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 05 Desember 2021
750 dilihat
Puluhan Warga Desa di Kolut Gotong Royong Benahi Jalan Provinsi
Puluhan masyarakat Desa Loka, Kecamatan Tolala, benahi jalan provinsi. Foto: Ist.

" Puluhan warga bergotong royong menyingkirkan material longsor yang menutupi badan jalan yang menghubungkan Kecamatan Tolala dan Kecamatan Porehu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Puluhan warga Desa Loka, Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra), bergotong royong menyingkirkan material longsor yang menutupi badan jalan.

Jalan berstatus jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Tolala dan Kecamatan Porehu, dibenahi warga dengan menggunakan alat seadanya.

Menurut Sekertaris Desa (Sekdes) Loka, Risal, usaha tersebut dilakukan sambil menunggu bantuan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulawesi Tenggara yang sampai saat ini belum tiba di lokasi.


"Sejak kemarin sore belum ada yang sampai lokasi. Padahal katanya sudah  perjalanan sejak hari Jumat, tapi sampai kemarin sore blom tiba macet mungkin atau mungkin dari arah Porehu," terangnya, Minggu (5/12/2021).

Kepala Desa Loka, Rombe Pagag mengungkapkan, hingga saat ini kendaraan roda empat belum bisa melintas karena jalan rusak parah.

"Mungkin dua sampai tiga hari ini, baru naik alat berat memperbaiki. Saya sudah komunikasi dengan PU Provinsi Pak," jelasnya.

Dia berharap, Pemerintah Daerah  khususnya PU Provinsi dapat melakukan pengawasan ketika proses pengerjaan berlangsung agar hasilnya maksimal.

"Jangan hanya dua atau tiga hari saja di lokasi mereka sudah pulang karena perbaikan jalan menuju Desa Loka  tanggung jawab provinsi," pintanya.

Baca Juga: 40 KK di Kolut Terancam Kehilangan Tempat Tinggal

Meluruskan pemberitaan yang tayang di Telisik.id, Jumat (3/12/2021) terkait status jalan tersebut, berdasarkan informasi yang diperoleh dari anggota Komisi III DPRD Kolut, Basman, status jalan penghubung dari Kecamatan Batu Putih, menuju Kecamatan Porehu dan Kecamatan Tolala adalah jalan provinsi sementara jalan poros Trans Sulawesi tepatnya, Batu Putih - Lelewawo tembus Kecamatan Tolala berstatus jalan negara.

"Ceritanya begini, dulu sebelum terbentuk jalan poros Lelewawo - Tolala, yang menjadi jalan negara adalah jalur Batu Putih - Porehu - Tolala. Tetapi, setelah jalan poros yang menghubungkan Lelewawo - Tolala selesai maka jalan Batu Putih - Porehu - Tolala berubah status dari jalan negara menjadi jalan provinsi," bebernya.

Baca Juga: Polres Lumajang Kerahkan Personel Bantu Korban Semeru

Olehnya itu, lanjut kader Demokrat tersebut, upaya perbaikan dan pembenahan jalan tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi bukan Pemerintah Daerah. (A)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga