Puluhan Warga Konawe Selatan Diduga Alami Keracunan Usai Makan Siang Bersama

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 22 April 2024
0 dilihat
Puluhan Warga Konawe Selatan Diduga Alami Keracunan Usai Makan Siang Bersama
Puluhan Warga Kecamatan Mowila, Konawe Selatan saat dirawat di Puskesmas usai alami keracunan makanan. Foto: Ist

" Puluhan warga di Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan diduga alami keracunan usai makan siang bersama, pada Minggu (21/4/2024). "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Puluhan warga di Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan diduga alami keracunan usai makan siang bersama, pada Minggu (21/4/2024).

Keracunan tersebut diduga akibat makan bersama setelah melaksanakan kerja bakti di Pura Subak Desa Kondoano, Kecamatan Mowila, Konawe Selatan, untuk persiapan upacara keagamaan.

"Setelah mereka kerja bakti mereka makan siang bersama. Tidak lama mereka mengeluh sakit perut," ujar Kapolsek Mowila, Ipda Herman Eka Purnama saat di hubungi via telepon seluler.

Kapolsek menjelaskan, santapan siang mereka saat mengalami keracunan yaitu daging babi dan minuman berbahan cincau, kebanyakan diantaranya mengeluh sakit perut, dan mual-mual.

Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Keracunan Massal saat Kenaikan Pangkat di BPSIP Sulawesi Tenggara

"Pengakuan tukang masak, sebelumnya dia telah mengolah daging babi dengan steril. Artinya dia telah mencuci bersih daging tersebut dengan merebusnya sampai mendidih," jelas Ipda Herman.

Setelah kejadian itu, sebagian daging babi yang dimasak dan minuman berbahan cincau yang diminum diambil untuk dijadikan sampel.

Baca Juga: Diguncang Keracunan Massal, Puluhan Peserta Kenaikan Pangkat BPSIP Dilarikan ke Puskesmas

"Kami membawa sampelnya untuk diperiksa di Balai POM Kendari," terang Ipda Herman.

Ipda Herman menambahkan, terdapat 34 orang warga yang mengalami keracunan usai makan siang bersama tersebut dan telah mendapatkan perawatan di Puskesmas.

"Saat ini pasien dengan keluhan diare itu sudah mulai membaik, dan sebagian masih mendapatkan perawatan di Puskesmas Mowila," pungkasnya. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga