Puluhan Warga Mengungsi Akibat Rumah Tertimpa Longsor di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 02 April 2023
0 dilihat
Puluhan Warga Mengungsi Akibat Rumah Tertimpa Longsor di Kolaka Utara
Proses evakuasi korban tanah longsor di Desa Batu Ganda oleh petugas gabungan BPBD, TNI-Polri, PUPR, Dinsos dan masyarakat setempat. Foto: BPBD Kolaka Utara

" Tujuh unit rumah di Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara tertimpa longsor "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Tujuh unit rumah di Desa Batu Ganda, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara tertimpa longsor.

Musibah tersebut terjadi, Minggu (2/4/2023) sekitar pukul 05.00 Wita. Akibat kejadian itu 28 warga setempat terpaksa mengungsi ke kantor desa dan rumah keluarga.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara, Andi Faizal, hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Kolaka Utara termasuk Desa Batu Ganda sepekan terakhir pemicu longsor yang menyebabkan sejumlah rumah rusak berat tertimpa longsor.

Baca Juga: Longsor di Colol Manggarai Timur Telan Korban Jiwa, Satu Orang Diperkirakan Balita

"Tujuh unit rumah tersebut milik Sultan (38), Adryan (39), Sabir (35), Jamaluddin (45), Kadir (39), Suhardi (34) dan Hamang (47). Tiga di antaranya rusak berat dan empat lainnya kategori ringan," rincinya.

Para korban yang bangunan rumahnya berbahan kayu, lanjutnya, telah dievakuasi oleh petugas gabungan BPBD, TNI-Polri, PUPR, Dinsos dan masyarakat lainnya.

"Kebutuhan mendesak saat ini bagi korban terdampak yakni sembako dan air bersih," terangnya.

Kata dia, hujan melanda wilayah Kolaka Utara sepekan ini berpotensi menimbulkan bencana longsor. Olehnya, Faizal mengingatkan seluruh masyarakat khususnya yang bermukim di area perbukitan agar tetap waspada.

Himbaun serupa juga disampaikan kepada warga yang bermukim di sepanjang bantaran sungai agar waspada banjir.

Baca Juga: Sekolah di Situbondo Diterjang Longsor Gegara Cuaca Ekstrem

"Jika alami kondisi yang mengancam ada baiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman dan melaporkannya ke aparat desa setempat," tukasnya.

Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimobda Sulawesi Tenggara, Kompol Aris Rallang yang personelnya turut membantu melakukan evakuasi menuturkan, longsoran tebing setinggi kurang lebih 60 meter.

"Tidak ada korban jiwa dan 28 jiwa telah diungsikan ke rumah kerabat dan kantor desa," pungkasnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga