Puncak Ex Tambang Buton, Wisata Alam yang Belum Terekspose

Elfinasari, telisik indonesia
Minggu, 01 Oktober 2023
0 dilihat
Puncak Ex Tambang Buton, Wisata Alam yang Belum Terekspose
Puncak Ex Tambang meyajikan panorama indah dengan pohon yang rindang saat pagi hari. Foto: Elfinasari/Telisik

" Di balik kebisingan Kota Baubau, ada sebuah permata alam yang belum banyak orang ketahui, yaitu Puncak Ex Tambang "

BAUBAU, TELISIK.ID - Di balik kebisingan Kota Baubau, ada sebuah permata alam yang belum banyak orang ketahui, yaitu Puncak Ex Tambang.

Lokasi ini menjanjikan sebuah petualangan dan keindahan alam yang mempesona bagi setiap pengunjung yang datang.

Berjarak hanya 55 menit dari pusat Kota Baubau, Puncak Ex Tambang berada di Kapuntori, Kabupaten Buton. Namun, meskipun terbilang dekat, perjalanan untuk mencapainya memerlukan perjuangan. Dengan waktu mendaki sekitar 4 jam, setiap wisatawan akan dihadapkan pada tantangan alam yang menantang.

Baca Juga: Pesona Pantai Lakeba, Destinasi Instagramable di Kota Baubau

Jalur mendaki melewati sungai dengan jalan yang kerap lembap, terutama saat musim hujan. Tanah merah, menjadi ciri khas daerah ini, akan menemani setiap langkah wisatawan. Ditambah lagi dengan hutan yang rimbun, menambah kesegaran udara sepanjang perjalanan.

Tantangan lain datang bagi mereka yang memilih menggunakan kendaraan. Meski dapat memangkas waktu, namun setelah 30 menit berkendara, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan yang masih dalam proses pengerasan.

Kondisi Puncak Ex Tambang saat ini masih sangat alami. Meski demikian, fasilitas di lokasi ini masih sangat minim. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah untuk segera meningkatkan kualitas infrastruktur di lokasi wisata ini.

Puncak Ex Tambang Buton memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata andalan Sulawesi Tenggara. Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan masyarakat, tidak mustahil jika lokasi ini akan segera populer dan dikenal luas oleh masyarakat.

Wisatawan lokal, Alim Rawis menuturkan, ia camping bersama teman-temannya. "Bawa bekal secukupnya, karena kita benar-benar akan terpisah dari keramaian kota," pesan Alim kepada mereka yang ingin berkunjung.

Baca Juga: Salah Satu Tempat Tongkrongan Hits, Tampilkan View Teluk Kendari

Seorang wisatawan lain, Febby, menambahkan, perjalanan memang cukup melelahkan, namun saat tiba di puncak, semua rasa lelah itu seolah hilang.

"Pemandangan yang disajikan benar-benar memukau," ujarnya.

Dengan keindahan alam dan tantangan yang ditawarkan, Puncak Ex Tambang tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang datang ke sana. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga