Puskesmas Sabulakoa Konawe Selatan Kejar Akreditasi Laskesi

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 05 Juni 2023
0 dilihat
Puskesmas Sabulakoa Konawe Selatan Kejar Akreditasi Laskesi
Guna meningkatkan mutu fasilitas dan pelayanan kesehatan di Konawe Selatan, Dinas Kesehatan menunjuk Puskesmas Sabulakoa untuk dipersiapkan mendapatkan akreditas dari Laskesi. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Jajaran Puskesmas Kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Konawe Selatan, tengah was-was menanti hasil survei akreditasi yang dilakukan tim surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi) Sulawesi Tenggara "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Jajaran Puskesmas Kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Konawe Selatan, tengah was-was menanti hasil survei akreditasi yang dilakukan tim surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi) Sulawesi Tenggara.

Ketua Tim Suveyor TKPP, dr Maryam Rufiah Makmun Rapi menyebutkan, mulai 5 Mei hingga 7 Juni 2023 mendatang, pihaknya bakal melakukan survei pada fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

Ia mengungkapkan, akreditasi yang diberikan Laskesi nantinya sebagai bentuk pengakuan yang diberikan oleh penyelenggara akreditasi yang ditetapkan menteri kesehatan. Apakah telah memenuhi standar akreditasi.

“Survey yang pertama kali di tahun ini berada di Puskesmas Sabulakoa," tutur dr Maryam Rufiah Makmun Rapi di Puskesmas Sabulakoa, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Konawe Selatan Raih WTP, Bupati Surunuddin Apresiasi Jajaran

Ditunjuknya Puskesmas Sabulako untuk disurvei yang pertama, ujar wanita berjilbab itu, merupakan kewenangan dari Dinas Kesehatan Konawe Selatan. Pihaknya hanya sebagai tim surveyor, yang mana, ketika dinyatakan udah siap disurvei, maka memungkinkan kelengkapan persyaratan sudah lebih baik dan lengkap.

“Semoga apa yang diharapkan bisa menjadi kenyataan,“ harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Konawe Selatan, dr Ivatria Isana, menyerahkan sepenuhnya hasil survei ke Laskesi, pihaknya sudah maksimal mempersiapkan hal hal yang menjadi persyaratan dalam survei tersebut.

Bagi dinas kesehatan, survei tersebut bukan menjadikan faktor layak atau tidaknya sebuah Puskesmas, tetapi sebagai rujukan untuk untuk bisa menjalankan pelayanan sesuai standar yang dikeluarkan Menteri Kesehatan.

“Bukan hanya dalam gedung tapi juga semua aspek yang ada di area Puskesmas. Kriteria manajemen, admin hingga pelayanan medis, kami sudah melakukan pendampingan. Jadi lulus atau tidak, tergantung hasil penilaian nantinya. Kan penilaian itu ada strata penilaian dari dasar hingga strata paripurna. Target minimal kami berada distrata madya,“ harapnya.

Ia juga menyatakan usai survei di Puskesmas Kecamatan Sabulakoa, nantinya dijadwalkan Puskesmas Kecamatan Andoolo bakal turut disurvei juga.

Di kesempatan lain, Koordinator Laskesi Sulawesi Tenggara, drg Dian Hayati mengutarakan, Laskesi adalah lembaga yang telah mendapatkan izin dari Kementrian Kesehatan, guna melakukan penilaian terhadap akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama, klinik, laboratorium kesehatan dan unit transfusi darah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Konawe Selatan Raih WTP, Bupati Surunuddin Apresiasi Jajaran

Di tahun ini, Kabupaten Konawe Selatan satu-satunya kabupaten yang mengusulkan semua puskesmasnya untuk diakreditasi. Tetapi baru dua Puskesmas akreditasi perdana yaitu Puskesmas Kecamatan Sabulakoa dan Puskesmas Kecamatan Andoolo. Sementaran 23 Puskesmas lainnya masih reakreditasi.

Nantinya lanjut ia yang disurvei, antara lain apakah Puskesmas sudah memenuhi syarat sumber daya seperti sarana, prasarana, SDM , alkes dan obat. Yang sesuai amanat Undang-Undang. Serta bagaimana perilaku petugas dalam memberikan layanan apakah sudah sesuai Standar Operasional Pelayanan (SOP).

“Ini merupakan kehormatan bagi Laskesi untuk menjadi lembaga yang melakukan survei di Puskesmas Sabulakoa. Ini juga survei pertama di Sulawesi Tenggara sejak pandemi COVID-19. Akreditasi ini salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien serta merupakan  persyaratan dalam bekerjasama dengan BPJS,“ tegasnya. (A-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga