Putra Bupati Konsel, AJP Kembali Terpilih Ketua KADIN Periode Kedua

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
Putra Bupati Konsel, AJP Kembali Terpilih Ketua KADIN Periode Kedua
Sekda Konsel, Sjarif Sajang (tengah) bersama Ketua KADIN Konsel, Adi Jaya Putra (kanan kedua) beserta Anggota DPRD Konsel dan pengurus KADIN. Foto: Ist.

" Adi Jaya Putra (AJP) kembali memimpin KADIN Konsel untuk kedua kalinya di periode 2021-2026 "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Adi Jaya Putra (AJP) yang juga putra Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga kembali memimpin Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Konsel untuk kedua kalinya di periode 2021-2026.

Kegiatan para pengusaha yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sjarif Sajang itu, juga dihadiri Ketua DPRD Irham Kalenggo, Ketua Komisi DPRD, Tasman Lamuse, Ketua OKK KADIN Sultra, M Syawal Rigay dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Mewakili Bupati Surunuddin Dangga yang sedang menjamu Presiden Joko Widodo di Bandara Haluoleo, Sekda Sjarif mengatakan, berdasarkan UU No 1 Tahun 1987, KADIN merupakan satu satunya organisasi yang mewadahi pengusaha, khususnya pengusaha lokal.

"Hal itu juga yang menjadi landasan organisasi, AD/ART KADIN yang disahkan melalui Keppres RI Nomor 17 Tahun 2022," terangnya, Selasa (28/12/2021).

Kata dia, sebagai wadah pengusaha, saatnya KADIN Konsel giat membantu, membangun dan meletakkan perekonomian bangsa melalui peran aktif pengusaha lokal dalam dunia investasi. Khususnya pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, pariwisata dan pertambangan.

Baca Juga: Respon Keluhan Warga, Wabup Konsel Sidak Disdukcapil

"Kondisi perekonomian Konsel secara potensial sangat menarik bagi dunia investasi pada semua sektor, maka pengusaha lokal harus bisa bermitra dan mengambil peran dalam investasi tersebut, sehingga tidak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri," ucapnya

KADIN sebagai mitra pemerintah, sambungnya, dapat berperan melalui sinergi pemulihan ekonomi. Untuk menentukan sektor usaha mana perlu dimaksimalkan atas dasar prinsip inklusif dan kolaboratif.

Baca Juga: Usai Jokowi Naik Perahu Naga, Bendungan Ladongi Bakal Jadi Lokasi Lomba Dayung

"Optimalisasi peran KADIN selaku mitra strategis pemerintah sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pembangunan ekonomi di masa pandemi COVID-19, sehingga berharap terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di Konsel," jelasnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia kegiatan, Samsu SP menyampaikan, Muskab III yang dihelat sebagai wadah penyatuan tekad para pelaku usaha dengan mengambil peran lebih untuk menggali potensi-potensi ekonomi dengan dukungan Pemerintah Daerah.

"Dengan harapan kedepan lahir pengusaha baru yang dapat berkempotisi baik di kancah nasional hingga level internasional," sebutnya.

Sementara itu, Ketua KADIN Konsel terpilih, Adi Jaya Putra (AJP), Muskab hari ini merupakan momentum merevitalisasi pengurus dalam menyusun program kerja baru untuk periode berikutnya, khususnya bersinergi bersama Pemda dalam pengembangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Tentunya penentuan arah kebijakan baru dan program kemitraan strategis, seluruhnya bisa berjalan setelah pengukuhan serentak oleh KADIN Provinsi nantinya. Berharap kita semakin berkembang," ucapnya. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga