PWI Gandeng BLK Kendari Gagas Peningkatan Produktivitas Wartawan

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 16 Maret 2021
0 dilihat
PWI Gandeng BLK Kendari Gagas Peningkatan Produktivitas Wartawan
Kepala BLK Kendari, Dr. La Ode Haji Polondu dan Ketua PWI Sultra, Sarjono. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Kita sangat bersyukur, bisa mendapatkan respon baik dari Kepala BLK Kendari, yang bersedia bekerjasama untuk peningkatan produktivitas wartawan. Bahkan dalam proses itu, kita tidak dikenakan biaya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) gandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari untuk memberikan pelatihan desain grafis kepada wartawan.

Hal tesebut disampaikan oleh Ketua PWI Sultra, Sarjono setelah melakukan koordinasi dengan Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu, guna menggagas rencana pelaksanaan peningkatan produktivitas wartawan.

"Hal ini kita lakukan agar para pewarta memiliki kemampuan yang lebih luas dalam menjalankan profesi jurnalisnya," kata Sarjono di ruang Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Senin (15/3/2021).

Selain itu, Sarjono juga menjelaskan, menggandeng BLK Kendari merupakan langkah terbaik yang ditempuh pihaknya untuk peningkatan produktivitas wartawan.

“Ini baru langkah awal yang dibangun antara PWI dan BLK Kendari,” jelasnya.

Lebih lanjut Sarjono menjelaskan, dalam proses pelatihan tersebut, para pewarta akan dilatih oleh instruktur terbaik BLK Kendari dan mendapatkan sertifikat jika dianggap memenuhi syarat sesuai prosedurnya.

Baca Juga: 20 Pengacara Siap Kawal Sidang Perdana Rizieq Shihab

"Kita sangat bersyukur, bisa mendapatkan respon baik dari Kepala BLK Kendari, yang bersedia bekerjasama untuk peningkatan produktivitas wartawan. Bahkan dalam proses itu, kita tidak dikenakan biaya," jelasnya.

Terkait pesertanya, lanjut wartawan LKBN Antara ini, pihaknya akan melibatkan seluruh media yang ada di Sultra baik cetak, TV dan online yang tergabung dalam organisasi PWI dengan meminta kesediaan setiap pimpinan media mengirimkan salah satu perwakilannya.

"Hanya saja, ada syarat yang mesti dipenuhi jika bersedia ikut, yaitu untuk sementara waktu tidak melibatkan utusan mereka dalam kerja-kerja kantor hingga proses pelatihan usai," tambahnya.

Sementara itu, Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu menuturkan, pihaknya mendukung penuh keinginan PWI Sultra. BLK Kendari menyiapkan paket pelatihan selama lima hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

"Ini adalah bukti bahwa BLK Kendari sangat peduli dengan kompetensi masyarakat termasuk wartawan yang memiliki peran penting dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara," sebutnya.

Baca Juga: Wanita Ini Jadi Mualaf Setelah Cari Kesalahan Al-Qur'an, Begini Kisahnya

Untuk itu, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) ini, pihaknya meminta agar PWI Sultra segera melakukan pengajuan proposal kerja sama seperti yang dilakukan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sultra dan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra.

"Kalau itu sudah dilakukan, maka kita tinggal mencari waktu yang tepat untuk pelaksanaannya," tandasnya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga