adplus-dvertising

Rahasia Sujud dalam Salat dan Tiga Doa yang Rugi jika Terlewatkan

Haidir Muhari, telisik indonesia
Sabtu, 21 Agustus 2021
68914 dilihat
Rahasia Sujud dalam Salat dan Tiga Doa yang Rugi jika Terlewatkan
Sujud adalah saat terdekat seorang hamba dengan Allah SWT. Rasulullah SAW menganjurkan perbanyak doa di saat sujud. Foto: Repro Freepik.com

" Sujud merupakan saat terdekat antara hamba dengan-Nya. Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak doa ketika sujud dalam salat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sujud merupakan saat terdekat antara hamba dengan-Nya. Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak doa ketika sujud dalam salat.

Kepala sebagai simbol ketinggian manusia, tempatnya mahkota, diletakkan sejajar dengan kaki. Bahkan bokong sebagai tempat ekskresi manusia, lebih tinggi dari kepala.

Selain itu sujud juga berarti meletakkan kepala setinggi tanah. Tanah yang menjadi asal penciptaan manusia, hatta diinjak-injak dan terbangun di atasnya bangunan-bangunan pelindung manusia.


Dikutip dari laman Republika.co.id, keadaan sujud merupakan saat terdekat antara hamba dengan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda perihal ini.

"Keadaan seorang hamba yang paling dekat dari Rabbnya adalah ketika dia sujud, maka perbanyaklah doa." (HR. Muslim).

Saat terdekat itu kerap tidak dijadikan kesempatan untuk berdoa. Padahal doa adalah senjata bagi kaum muslimin. Hakikat doa adalah pengakuan keterbatasan hamba.

"Siapa yang tidak meminta kepada Allah, Allah akan marah kepadanya." (HR. Al-Bukhari).

Oleh karena itu, sujud akan lebih bermakna jika dinikmati. Namun sayangnya beberapa Muslim terburu-buru saat bersujud dan tak meraih kesempatan berdoa pada saat itu.

Baca juga: Macam dan Pentingnya Malu dalam Pandangan Islam

Baca juga: Dahsyatnya Keutamaan Bersholawat di Hari Jumat

Memang dalam sujud ada larangan membaca Al-Qur'an. Tetapi tidak ada larangan untuk berdoa dengan sungguh-sungguh. Hal tersebut seperti sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis.

"Ketahuilah, aku dilarang membaca Al-Qur'an dalam keadaan ruku atau sujud. Adapun ruku maka agungkanlah Rabb Azza wa Jalla, sedangkan sujud, maka berusahalah bersungguh-sungguh dalam doa, sehingga layak dikabulkan untukmu." (HR. Muslim).

Doa dalam Sujud Terakhir

Fatwa dari Syeikh Abdul Aziz Bin Baaz, dilansir dari Brilio.net, ada tiga doa yang sebaiknya tidak dilewatkan ketika sujud terakhir dalam salat.

1. Diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah

Allahumma inni as'aluka husnul khatimah.

"Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah."

2. Diberikan kesempatan taubat sebelum wafat

Allahummarzuqni taubatan nasuha qablal maut.

Artinya:

"Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat."

3. Ketetapan hati dan konsistensi

Allahumma yaa muqallibal quluub tsabbit qalbi ‘ala diinika.

Artinya:

"Ya Allah wahai sang pembolak-balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu." (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga