Raih Penghargaan Busana Terbaik dari Istana Kepresidenan, La Ode Riago Serahkan Pakaian Adat ke Pemkab Muna untuk Dimuseumkan

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 18 Agustus 2024
0 dilihat
Raih Penghargaan Busana Terbaik dari Istana Kepresidenan, La Ode Riago Serahkan Pakaian Adat ke Pemkab Muna untuk Dimuseumkan
Ketum PMMI, La Ode Riago (kiri) bersama Kabid Disdikbud Muna, Hadi Wahyudi (tengah) dan Desainer busana Muna, Lukman Ichsan (kanan). Foto: Ist

" Setelah mendapat penghargaan busana terbaik di perayaan HUT ke-79 RI, Ketua Umum Persatuan Masyarakat Muna Indonesia (PMMI), La Ode Riago, bakal menyerahkan busana penghargaan dan hadiah sepeda ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna untuk dimuseumkan "

MUNA, TELISIK.ID - Setelah mendapat penghargaan busana terbaik di perayaan HUT ke-79 RI, Ketua Umum Persatuan Masyarakat Muna Indonesia (PMMI), La Ode Riago, bakal menyerahkan busana penghargaan dan hadiah sepeda ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna untuk dimuseumkan.

La Ode Riago merupakan salah satu tamu undangan untuk menghadiri penurunan bendera Sangsaka Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024). Dia menggunakan busana tenun khas Muna, Sulawesi Tenggara, berwarna orange beserta sonkok atau kampurui dalam adat Muna.

La Ode Riago mengaku sebelumnya tak tahu soal adanya penilaian busana dari pihak Istana Kepresidenan. Ia mengaku agak terlambat hadir saat upacara penurunan bendera. Namun, Riago tak menyangka bisa terpilih sebagai tamu yang mendapat penghargaan busana terbaik.

Baca Juga: Belasan Pelajar Berprestasi di Kolaka Utara Terima Dana Pembinaan

“Saya sama sekali tidak tahu kalau ada penilaian. Tiba-tiba saja dipanggil untuk mendapat penghargaan,” kata La Ode Riago, saat ditemui di Kota Kendari, Minggu (18/8/2024).

Atas penghargaan tersebut, Riago segera menyerahkan penghargaan itu ke Pemkab Muna agar dimuseumkan sebagai tanda jika budaya Muna, khususnya, dan Sulawesi Tenggara pada umumnya mendapat pengakuan negara sebagai salah satu warisan kebudayaan di Nusantara.

“Tentunya ini sebagai pengakuan negara atas kebudayaan Muna. Makanya kita akan museumkan, termasuk hadiah sepeda,” bebernya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Hadi Wahyudi, mengaku bangga atas penghargaan negara terhadap busana khas Muna sekaligus pakaian Kerajaan Muna yang digunakan oleh Riago sebagai bagian dari Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN).

“Yang ditampilkan La Ode Riago itu merupakan ekspresi dari adat Muna itu sendiri. Ini juga sekaligus ajang promosi adat Muna di Nusantara,” kata Hadi Wahyudi.

Di sisi lain, desainer busana yang digunakan oleh Riago dibuat oleh Ngkululi Tenun Masalili yang merupakan penenun khas pakaian adat Muna.

Baca Juga: Pemkab Muna Usul 450 Formasi CPNS dan PPPK

Sang Desainer, Lukman Ichsan, mengaku bahwa busana tersebut merupakan tenunan khas Muna yang dibuat dengan warna orange terang sesuai dengan filosofi adat istiadat Muna.

Ichsan bersama istri, Wa Ode Ngkululi, mengaku bangga busana yang ditenunnya bisa mendapat penghargaan dari negara pada momentum kemerdekaan RI ke-79 di Istana Merdeka Jakarta.

“Ini merupakan sejarah baru bagi masyarakat Muna bahwa busana adatnya mendapat penghargaan dari negara,” ucap Ichsan yang juga Protokoler DPRD Kota Kendari. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga