Rakernas IV PDIP Hasilkan 8 Rekomendasi, Tutup Peluang Ganjar Cawapres Prabowo

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 01 Oktober 2023
0 dilihat
Rakernas IV PDIP Hasilkan 8 Rekomendasi, Tutup Peluang Ganjar Cawapres Prabowo
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, saat menutup Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (1/10/2023). Foto: Tangkapan layar youtube PDIP

" Wacana memasangkan Ganjar Pranowo, sebagai bakal calon wakil presiden dari Prabowo Subianto untuk berkontestasi di Pemilu 2024 dipastikan oleh PDIP tidak bakal terjadi. Partai politik (parpol) yang dinakhodai Megawati Soekarnoputri ini menegaskan, Ganjar tetap sebagai bakal calon presiden (bacapres) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Wacana memasangkan Ganjar Pranowo, sebagai bakal calon wakil presiden dari Prabowo Subianto untuk berkontestasi di Pemilu 2024 dipastikan oleh PDIP tidak bakal terjadi. Partai politik (parpol) yang dinakhodai Megawati Soekarnoputri ini menegaskan, Ganjar tetap sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Kepastian itu merupakan salah satu rekomendasi yang dihasilkan dari delapan rekomendasi berdasarkan hasil keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, yang berakhir Minggu (1/10/2023).

“(Dari rekomendasi itu) Artinya apa? Artinya tidak mungkin ya, sekali lagi, tidak mungkin. Dan menutup kemungkinan sama sekali, (Ganjar Pranowo) untuk diturunkan sebagai cawapres,” jelas Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, usai penutupan Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran.

Terkait pernyataannya ini, menurut Djarot, bukan berarti PDIP tidak menghormati keputusan parpol lain. Partainya tetap menghormati parpol lain yang masing-masing mengusung capresnya. Namun, Djarot menegaskan, PDIP bertekad mewujudkan Pemilu sebagai sarana pemersatu bangsa.

Baca Juga: Khofifah Ketua Timses, Prabowo Dinilai Menang Mudah di Pilpres

Sebelumnya mengemuka wacana memasangkan Ganjar dan Prabowo. Salah satu fungsionaris Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah mengatakan, peluang duet Ganjar-Prabowo masih terbuka kendati keduanya telah diumumkan sebagai bacapres oleh koalisi yang berbeda.

Menurut Basarah, realisasi wacana tersebut bergantung pada lima pihak. “Saya mengatakan di Kompas TV beberapa waktu lalu, saya punya asumsi, kemungkinan duet Ganjar dan Prabowo itu masih terbuka. Tergantung bagaimana sikap lima aktor di dalamnya,” ujar Basarah dalam acara Satu Meja The Forum yang disiarkan dari kanal YouTube Kompas TV pada Jumat (29/9/2023).

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, selama belum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), segala kemungkinan bisa terjadi. Namun, Muzani menilai, memasangkan Prabowo dengan Ganjar berpotensi membuat repot.

Pasalnya, Ganjar dan Prabowo masing-masing telah dideklarasikan sebagai bacapres oleh masing-masing koalisi parpol. “Kalau belum daftar (ke KPU), ya memungkinkan. Kalau belum daftar ya,” ujar Muzani di kawasan Jakarta Barat, Rabu (27/9/2023).

Sementara itu, Rakernas IV PDIP menghasilkan delapan rekomendasi terkait pemenangan Pemilu 2024. Rekomendasi dibacakan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, saat penutupan Rakernas.

Rekomendasi pertama, merekomendasikan strategi pemenangan Pemilu dengan cara gotong royong, berbasiskan TPS, dan dilakukan oleh seluruh elemen PDIP yang menyatukan pemenangan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden sebagai satu kesatuan pemenangan.

“Berkaitan hal itu, setiap anggota, kader, dan simpatisan PDIP wajib turun ke akar rumput. Mereka diminta berkomunikasi secara langsung dengan rakyat dan didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Hasto.

Rekomendasi kedua, PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo pada momentum yang tepat dengan mempertimbangkan dinamika politik, pergerakan Tiga Pilar Partai di akar rumput, kesiapan Badan Pemenangan Pemilu Legislatif, dan konsolidasi Tim Pemenangan Presiden.

Rekomendasi ketiga, menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara berdasarkan UUD 1945. Dalam hal itu Pemilu 2024 harus ditempatkan sebagai momentum transisi kekuasaan secara konstitusional dan demokratis.

“PDI Perjuangan bertekad melaksanakan Pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan narasi kemajuan, melanjutkan dan mempercepat keberhasilan Pemerintahan Presiden Jokowi,” kata Hasto.

Rekomendasi keempat, pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden perlu melibatkan semua unsur. Adapun upaya pemenangan Ganjar sebagai tindak lanjut atas penetapan capres yang diumumkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, pada 21 April (2023).

Baca Juga: Keliling Jawa Timur, Kyai Sepuh NU Doakan Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024

Rekomendasi kelima, PDIP mendorong penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu, dan DKPP di setiap tingkatan untuk menjalankan tahapan kegiatan, dan jadwal Pemilu 2024 sesuai asas Pemilu dan dilaksanakan secara profesional dan akuntabel.

Rekomendasi keenam, mendukung agar para penyelenggara Pemilu mengedepankan kerahasiaan data pribadi sebagaimana diatur dalam UU Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi.

Rekomendasi ketujuh, merekomendasikan kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer seperti guru, dosen, bidan, perawat, pendamping desa, pendamping PKH, penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain, termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggara Pemilu.

Rekomendasi kedelapan, PDIP mengapresiasi kinerja aparat penegak hukum, KPK, Kejaksaan, dan Polri dalam mencegah dan memberantas korupsi, serta merekomendasikan pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam Pemilu. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga