Ramadan Tiba, Pedagang Takjil Ketiban Rezeki

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
Ramadan Tiba, Pedagang Takjil Ketiban Rezeki
Lapak pedagang dengan berbagai macam takjil, di bundaran kompleks perkantoran Gubernur Sulawesi Tenggara Kota Kendari. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Berburu takjil dan ngabuburit menjadi rutinitas saat bulan Ramadan, hasilkan omset banyak bagi para pedagang. Terlihat kebanyakan warga memilih jajanan dingin menyegarkan seperti es buah dan pisang ijo sebagai hidangan berbuka puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Berburu takjil dan ngabuburit menjadi rutinitas saat bulan Ramadan, hasilkan omset banyak bagi para pedagang. Terlihat kebanyakan warga memilih jajanan dingin menyegarkan seperti es buah dan pisang ijo sebagai hidangan berbuka puasa.

Takjil yang merupakan hidangan berbuka puasa yang sangat didambakan oleh masyarakat, terlebih hidangan tersebut dipadu dengan rasa manis serta rasa alami buah menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat, misalnya es buah dan pisang ijo.

Bagi warga yang ingin menikmati takjil tradisional untuk berbuka puasa bisa mendatangi kawasan bundaran kompleks perkantoran Gubernur Sulawesi Tenggara, Kota Kendari.

Baca Juga: Ramadan Ala Anak Kos di Tengah Kesibukan Kuliah

Di sana, masyarakat bisa memilih menu yang diinginkan sesuai selera dan keinginan. Mulai dari minuman dan jajanan manis, sampai asam, hingga makanan pedas pun dapat dijumpai di kawasan tersebut.

Pantauan Telisik.id, tampak masyarakat berburu jajanan seperti kue, es buah, pisang ijo, gorengan, dan jajanan tradisional lainnya.

Kebersihan dan kealamian bahan yang digunakan juga terjamin, baik itu untuk takjil tradisional mulai dari kue-kue an hingga gorengan. Harganya pun terjangkau dan ramah di kantung.

Seperti takjil yang dihadirkan oleh lapak Askar, yang beragam jajanan untuk menu berbuka dihadirkan. Mulai dari es buah, es kepala muda, risoles, kue talam, puding, dan aneka jajanan lainnya.

“Alhamdulillah, pengunjung selalu ramai, karena memang orang-orang kalau buka puasa mencari cemilan yang ringan seperti gorengan, bubur, puding. Ini memang jadi menu andalan yang sering diincar pembeli,” jelas Askar, Jumat (24/3/2023).

Pedagang lainnya, Anti, juga ramai dikunjungi pembeli. Ia mengaku mulai berjualan dari pukul 16.00 Wita.

“Meskipun agak mendung, pembeli tetap ramai membeli. Ada yang beli bakwan, tahu dan lainnya,” ujar pedagang gorengan ini.

Ia merasa setiap bulan ramadan menjadi keberkahan tersendiri baginya ketika berdagang. Apalagi, minat masyarakat pada gorengan tidak ada habisnya.

Harga gorengan yang dijualnya pun cukup terjangkau, masing-masing harganya hanya Rp 1.500 saja.

“Kalau habis bisa sampai sejutaan lebih lah omzet kita. Alhamdulillah cukup balik modal dan sedikit untung juga. Artinya tetap bersyukur saja,” tuturnya.

Baca Juga: 8 Hidangan Ramadan Favorit Masyarakat Indonesia

Sementara itu, beberapa pembeli mengaku berburu takjil untuk menu berbuka puasa. Fitriyani, yang sengaja belanja dan berburu takjil di kawasan itu karena pilihan menunya banyak, harganya juga tidak mahal.

“Ya, harga sesuai kantonglah, di pinggir-pinggir jalan juga tadi sebenarnya banyak juga, tapi kita ingin beli yang berbeda aja,” ujar Fitri saat ditemui di salah satu lapak pedagang.

Meskipun tidak mau berbagi informasi terkait omzet yang didapat, namun dapat diperkirakan dari jumlah dagangan di setiap lapak mampu menghasilkan omset jutaan rupiah per hari. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga