Ramai Dikunjungi, Segini Omzet Pedagang Jajanan di Masjid Al-Alam

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Ramai Dikunjungi, Segini Omzet Pedagang Jajanan di Masjid Al-Alam
Pengunjung nampak memadati area Masjid Al-Alam yang menyajikan berbagai jajajan murah. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Masjid Al-Alam Kota Kendari yang telah berdiri sejak 2018 ini tak pernah berhenti menarik wisatawan untuk berkunjung. Ada banyak wisatawan yang selalu memadati areal masjid yang megah itu "

KENDARI, TELISIK.ID - Masjid Al-Alam Kota Kendari yang telah berdiri sejak 2018 ini tak pernah berhenti menarik wisatawan untuk berkunjung. Ada banyak wisatawan yang selalu memadati areal masjid yang megah itu.

Banyaknya jumlah wisatawan yang terus berdatangan tersebut, menjadikan para pedagang jajanan di areal masjid ini selalu ramai pembeli.

Diketahui, ada berbagai macam jajanan yang dapat dinikmati oleh pengunjung Masjid Al-Alam seperti bakso bakar, gorengan, bahkan makanan berat seperti soto dan bakso. Keberadaan pedagang berbagai macam jajanan di sekitar areal masjid membuat pengunjung makin betah dan lupa pulang.

Baca Juga: Masjid Al-Alam Kini Bisa Sedekah, Zakat dan Infaq Pakai QRIS

Dengan banyaknya pengunjung yang memadati areal masjid ini membuat pendapatan para pedagang jajanan juga mendapatkan omzet yang lumayan.

Salah satu pedagang bakso bakar yang bernama Jumalia mengaku, omzet yang didapatkan ketika berjualan di areal masjid tak menentu, namun bisa sampai Rp 1 juta per hari.

"Tidak menentu pendapatannya, kadang banyak kadang sedikit, yang paling banyak bisa sampai Rp 1 juta sehari, itu kalau hari-hari libur," tutur Jumalia, Kamis (26/1/2023).

Jumalia juga menambahkan, para pedagang di area masjid tersebut tidak dituntut untuk membayar pajak di daerah tersebut, namun diganti dengan Infaq yang disesuaikan berdasarkan pendapatan dari para pedagang di sana.

"Kami tidak dituntut untuk bayar pajak berapa, tapi ada infaq yang kami bayar sesuai dengan keikhlasan kami tiap bulannya," tambahnya.

Baca Juga: Naik Sepeda Listrik di Masjid Al-Alam, Seru dan Murah

Di sisi lain, salah satu pedagang gorengan di area tersebut juga mengaku memiliki omzet  yang beragam, namun cukup banyak jika hari libur dan akhir pekan.

"Tidak menentu pendapatannya, kadang banyak, kadang tidak, yang paling banyak kalau libur sama Sabtu, Minggu," tuturnya sembari menyajikan gorengan garing kepada pelanggannya.

Diketahui, harga yang ditawarkan oleh para pedagang jajajan ini cenderung murah, yaitu mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga