Rambah Jaringan 6G, Segini Harga Paket Starlink Termahal Tembus Rp 86 Juta Per Bulan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 16 Mei 2024
0 dilihat
Rambah Jaringan 6G, Segini Harga Paket Starlink Termahal Tembus Rp 86 Juta Per Bulan
Jaringan Internet dari Starlink dikabarkan, bakal menjangkau seluruh lapisan, dan menjadi yang tercepat. Foto: Instagram @starlinkofficial

" Starlink sedang ramai diperbincangkan karena diklaim memiliki koneksi internet yang cepat dibanding provider lainnya. Maka perlu mengetahui harga langganan Starlink per bulannya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Starlink sedang ramai diperbincangkan karena diklaim memiliki koneksi internet yang cepat dibanding provider lainnya. Maka perlu mengetahui harga langganan Starlink per bulannya.

Elon Musk dan Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan Starlink di Indonesia pada gelaran WWF 2024 di Bali. Perusahaan milik Elon Musk tersebut akan menggandeng perusahaan lokal untuk beroperasi di Indonesia.

Starlink mengajukan dua izin, yakni sebagai penyedia VSAT dan internet bagi masyarakat.

Mengutip cnbcindonesia.com, Starlink Indonesia berbeda dengan Starlink yang berbasis di Amerika Serikat. Starlink Indonesia membeli perangkat stasiun bumi dan akses internet ke Starlink.

Kemudian, perangkat dan akses internet tersebut digunakan untuk menyediakan layanan internet kepada pengguna di Indonesia.

Uji coba pertama Starlink Indonesia dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pertengahan Mei ini. Adapun bisnis Starlink akan berbentuk B2C, yakni secara ritel langsung ke pelanggan. Kendati disebut akan uji coba di IKN, tetapi ada beberapa warga yang sudah memanfaatkannya di area Bandung.

Baca Juga: Ribuan Pasukan TNI-Polri Bakal Diterjunkan dalam Pengamanan Ring Satu World Water Forum ke-10 di Bali

Harga langganan untuk paket Standar yang disebut cocok untuk keluarga adalah Rp 750.000 per bulan. Paketnya mencakup kuota tanpa batas. Fitur utamanya disebut memberikan internet berkecepatan tinggi dan latensi rendah tanpa batas. Namun, belum ada informasi terkait kecepatan download/upload yang disediakan Starlink Indonesia.

Selain harga langganan bulanan, pengguna juga membutuhkan perangkat keras 'Standar Teraktuasi' yang direkomendasikan Starlink Indonesia. Harganya dipatok Rp 7.800.000 untuk paket residensial dan jelajah. Sementara paket kapal dipatok Rp 43.721.590.

Dalam laman Starlink Indonesia, pelanggan bisa memilih apakah membutuhkan layanan internet untuk pribadi atau bisnis. Berikut harga langganan berbagai paket Starlink lengkap, dikutip dari laman resminya, Rabu (15/5/2024).

Sementara melansir tekno.tempo.co.id, layanan ini juga menyediakan:

1. Kuota tanpa batas

2. IP Publik

3. Prioritas Jaringan, dan

4. Dukungan Prioritas.

Layanan ini biasanya digunakan untuk pemakaian pribadi dan bisnis yang sedang melakukan perjalanan seperti karavan, rekreasi, nomad, keadaan tanggap darurat, hingga di tengah laut atau berlayar dan pedalaman.

Layanan mobile atau berpergian ini cocok untuk pemakaian pribadi yang berada dalam perjalanan seperti karavan, recreational vehicle (RV), dan nomad.

Harga untuk layanan Mobile adalah Rp 990.000 per bulan (regional) dan Rp 6.995.480 per bulan (global). Biaya untuk perangkat keras yang direkomendasikan adalah Rp 7.800.000.

Fitur utamanya antara lain: kuota mobile tanpa batas di pedalaman, portabilitas, jeda layanan, dan kekuatan jaringan <10>

Layanan Mobile Prioritas dihargai mulai dari Rp 4.345.000 hingga Rp 86.130.000 per bulan. Perbedaan harga ini tergantung dengan jumlah kuota Global Mobile mulai dari 50 GB hingga 5TB. Biaya untuk perangkat keras yang direkomendasikan adalah Rp 43.721.590.

Prioritas Mobile - 50 GB dengan harga Rp 4.345.000 per bulan. Prioritas Mobile - 1 TB dengan harga Rp 17.160.000 per bulan. Prioritas Mobile - 5 TB dengan harga Rp 86.130.000 per bulan. Layanan ini cocok digunakan untuk maritim (berlayar), tanggap darurat, dan bisnis mobile.

Anda yang memiliki bisnis atau sedang dalam perjalanan menggunakan kapal dapat dengan mudah mendapatkan jaringan meskipun berada di tengah laut.

Fitur utamanya antara lain: semua fitur mobile - layanan global, pengguna bepergian dan berlayar, prioritas jaringan, dan dukungan prioritas.

Apa saja yang didapatkan? Semua paket layanan yang disediakan oleh Starlink mencakup data dengan kecepatan tinggi tanpa batas di darat, tanpa kontrak tertentu (komitmen dalam jangka panjang).

Baca Juga: Begini Cara Buat Akun untuk Daftar Sekolah Kedinasan dan CPNS 2024

Ketika berlangganan Starlink, Anda juga harus membeli perangkat keras yang akan menyambungkan satelit dengan perangkat Anda. Kit Starlink atau perangkat keras yang akan didapatkan antara lain mencakup Starlink, Base, Router, Kabel Starlink, dan Kabel AC.

Kit Starlink ini dapat berbeda sesuai dengan spesifikasi perangkat keras yang dipilih. Beberapa pilihan perangkat keras Starlink adalah sebagai berikut:

Standar: Perangkat yang didapatkan adalah Starlink (594 mm x 383 mm), Kickstand, Router Gen 3, Kabel Starlink, Kabel AC, dan catu daya.

Standar Teraktuasi: Perangkat yang didapatkan adalah Starlink (513 mm x 303 mm), Base, Router, Kabel Starlink, dan Kabel AC.

Performa Tinggi: Perangkat yang didapatkan adalah Starlink (575 mm x 511 mm), Base, Catu Daya, Router, Kabel Starlink, Kabel Ethernet, Kabel Router, Kabel AC (router), dan Kabel AC (catu daya).

Performa Tinggi Flat: Perangkat yang didapatkan adalah Starlink (575 mm x 511 mm), Kit Dudukan Wedge, Catu Daya, Dudukan Catu Daya, Kabel Starlink, Kabel Ethernet, Kabel AC (catu daya). (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga