Rampungkan Patung Oputa Yi Koo, Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara: Bisa Jadi Landmark Kota

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 21 Juni 2023
0 dilihat
Rampungkan Patung Oputa Yi Koo, Kepala Bappeda Sulawesi Tenggara: Bisa Jadi Landmark Kota
Desain patung Oputa Yi Koo yang akan dibangun setinggi 23 meter, dan diperkirakan akan rampung dalam 2 tahun ke depan Foto: Ist.

" Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah membuat perencanaan pembangunan beberapa tahun ke depan. Salah satunya, perampungan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara telah membuat perencanaan pembangunan beberapa tahun ke depan. Salah satu pembangunan yang diprioritaskan yakni perampungan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara, J Robert. Menurutnya, dalam perencanaan kota, patung pahlawan seperti ini sering menjadi landmark kota yang akan menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Semua ini, kata dia, merupakan kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Meskipun ada kontrak terkait pembangunan ini, namun pihaknya mengajak untuk perlu melihat sisi positifnya yang akan memberikan dampak positif di masa depan.

Dimana ia mencontohkan kawasan Tugu Persatuan atau MTQ di Kota Kendari yang dulunya menuai kontroversi, namun saat ini dapat dilihat dampak positifnya. Kawasan ini telah menjadi pusat kegiatan UMKM, sehingga perputaran ekonomi di sekitar kawasan tersebut sangat lancar.

“Dengan adanya patung-patung pahlawan dan monumen yang memperingati perjuangan bangsa, kita mengingatkan diri kita sendiri akan nilai-nilai kepahlawanan, menghormati jasa-jasa para pahlawan, dan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda dalam membangun masa depan yang lebih baik,” katanya kepada Telisik.id, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga: Pembangunan Patung Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo Dituntut Segera Dihentikan

Lebih lanjut ia mengatakan, patung pahlawan ini merupakan bentuk penghargaan bagi mereka yang telah berjuang demi kemerdekaan. Dengan adanya patung-patung ini, diharapkan generasi masa depan dapat terinspirasi dan tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang tokoh-tokoh pahlawan yang berkontribusi dalam perjuangan bangsa.

Ia pun juga mencontohkan bahwa di negara maju seperti Jepang, Amerika, dan negara lainnya juga membangun patung-patung tokoh mereka. Ini menunjukkan bahwa patung bukan hanya sebagai bentuk penghargaan monumental, tetapi juga mengajak kita untuk mengenal nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Desain patung Oputa Yi Koo yang menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemprov Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

“Melalui melihat patung-patung ini, diharapkan akan tumbuh semangat patriotisme dan nasionalisme serta penghargaan lainnya yang terkandung di dalamnya. Hal ini juga berlaku untuk daerah dan negara lain yang membangun patung-patung tokoh mereka. Patung-patung ini bukanlah sekadar objek biasa, melainkan memiliki nilai-nilai yang mendalam,” ujarnya.

Sebelumnya, peletakan batu pertama pembangunan patung pahlawan Oputa Yi Koo ini dilakukan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi di Baubau pada Kamis, 22 September 2023 lalu.

Baca Juga: Mulai Dibangun, Patung Oputa Yi Koo Jadi Ikon Sejarah Bangsa

Pembangunan patung Oputa Yi Koo yang berlokasi di Kota Mara, Kota Baubau, dibangun di atas permukaan laut dengan luas area tugu, yaitu 8.897 m2 atau 0,89 hektare, dengan konsep arsitektur klasik. Patung Oputa Yi Koo akan dibangun setinggi 23 meter, dan diperkirakan akan rampung dalam 2 (dua) tahun ke depan. Total anggaran yang dibutuhkan hingga selesainya pembangunannya, berkisar 60 miliar, menggunakan dana APBD Provinsi Sulawesi Tenggara.

Di dalam bangunan dasar dudukan patung Oputa Yi Koo, terdapat ruang kantor Pengelola Bangunan dan Museum Diorama Perjuangan Oputa Yi Koo. Selain itu, terdapat area terbuka yang dapat digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Sehingga akan menambah ruang publik baru bagi masyarakat sekitar, sekaligus untuk menarik kunjungan wisatawan bagi daerah, khususnya di Kota Baubau.

“Esensi pendirian patung ini bertumpu pada pertimbangan fundamental, bahwa keberadaan patung tersebut diharapkan dapat memantik spirit generasi bangsa untuk senantiasa menginternalisasi semangat perjuangan Oputa Yi Koo dalam diri masing-masing, agar berupaya menjadi pahlawan, khususnya bagi masyarakat dan daerah Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga