Rangka eSAF Diduga Keropos dan Berkarat, Begini Jawaban AHM Honda

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Rangka eSAF Diduga Keropos dan Berkarat, Begini Jawaban AHM Honda
Motor matic honda, tengah viral pada berbagai platform media sosial. Karena rangka eSAF miliknya diduga gampang keropos hingga patah pada bagian tengah. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Rangka eSAF milik Honda tengah menjadi sorotan di berbagai media sosial. Kabar tentang patahnya bagian tengah atau dek motor skutik Honda menjadi perhatian utama, dengan dugaan bahwa kondisi rangka yang berkarat dan keropos menjadi penyebabnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Rangka eSAF milik Honda tengah menjadi sorotan di berbagai media sosial. Kabar tentang patahnya bagian tengah atau dek motor skutik Honda menjadi perhatian utama, dengan dugaan bahwa kondisi rangka yang berkarat dan keropos menjadi penyebabnya.

Unggahan video TikTok, Instagram, hingga Facebook terutama akun @Hujat Otomotif Indonesia, memperlihatkan insiden tersebut kini telah menjadi viral dan mencuri perhatian warganet. Banyak komentar bermunculan terkait kejadian itu, menciptakan diskusi panas di dunia maya.

Rangka eSAF sendiri merupakan inovasi terbaru dari Honda dalam dunia skutik. Pertama kali diperkenalkan pada motor Honda Genio tahun 2019, inovasi itu diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi pengendara.

Dalam tanggapannya, Senin (21/8/2023), terkait pemberitaan ini, salah satu mekanik Honda di dealer di Kota Kendari, Rasman, mengingatkan pentingnya perawatan motor, terutama terkait menjaga kebersihannya. Dia menegaskan, perawatan yang baik akan membantu mencegah karat dan keropos pada rangka.

Baca Juga: Honda Sonic 150R Disorot karena Model Mirip Suzuki Satria FU

Pengguna motor matic seperti Rahmadani mengungkapkan, kekhawatiran mereka terkait kondisi motor mereka setelah kabar ini menyebar di media sosial. Kehawatiran ini menyoroti pentingnya perawatan berkala dan pengecekan secara rutin untuk menjaga kondisi kendaraan.

Proses pembuatan rangka eSAF dilakukan dengan teknologi mutakhir di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Teknologi ini mengandalkan lembaran pelat baja yang dipress dan dilas menggunakan alat las laser, yang diklaim dapat meminimalisir deformasi. Ini adalah perbedaan mendasar dengan rangka motor lain yang umumnya menggunakan pipa.

Keunggulan teknologi ini termasuk dalam hal membuat motor lebih ringan, lebih lincah, serta memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara. Selain itu, penggunaan teknologi baru ini juga berdampak positif pada konsumsi bahan bakar dan performa motor.

Baca Juga: Honda CBR150R, Wajah Baru Mesin Lama

Dilansir dari gridoto.com, Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communication AHM, memberikan klarifikasi terkait situasi itu. Dia menekankan, langkah pertama adalah mengidentifikasi penyebab rangka keropos sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

Bagi pemilik skutik Honda dengan rangka eSAF yang bermasalah, pihak AHM menyarankan agar segera melakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Langkah itu diambil untuk memastikan permasalahan tersebut diatasi dengan tepat.

Penting untuk dicatat, motor yang masih dalam masa garansi juga dapat mengikuti prosedur pengecekan di bengkel resmi. AHM memberikan garansi rangka hingga jarak tempuh 10.000 km atau satu tahun, tergantung pada yang tercapai lebih dulu. (B)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga