Rapor Hijau Kinerja Keuangan Bank Sultra dari OJK Sulawesi Tenggara

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 29 Oktober 2023
0 dilihat
Rapor Hijau Kinerja Keuangan Bank Sultra dari OJK Sulawesi Tenggara
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank Sultra mencatat kinerja performa keuangan yang baik per Agustus 2023. Foto: Repro Biroekonomi.sultraprov.go.id

" Bank Sultra mencatat kinerja keuangan yang terus meningkat. Hal ini diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID – Bank Sultra mencatat kinerja keuangan yang terus meningkat. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara, Bank Sultra mengalami pertumbuhan aset per Agustus 2023 Rp 12,084 triliun. Jumlah ini meningkat 11,78 persen dibanding Agustus 2022 lalu.

Kepala OJK Sulawesi Tenggara, Arjaya Dwi Raya mengatakan, dari sisi kredit yang dikeluarkan, Bank Sultra berhasil membantu pembiayaan kredit hingga Rp 8,757 triliun per Agustus 2023. Jumlah ini naik 10,89 persen dibanding Agustus tahun lalu.

Sementara untuk dana pihak ketiga yang terdiri dari tabungan, giro, dan simpanan berjangka, Bank Sultra berhasil menghimpun hingga Rp 9,447 triliun, jumlah ini naik 9,87 persen dibanding Agustus 2022 lalu.

Bank Sultra juga mencatat adanya peningkatan total modal yang saat ini sebesar Rp 1,6 triliun per Agustus 2023, meningkat 12,72 persen dibanding Agustus tahun 2022 lalu.

Bank Sultra kini memiliki total 240 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara. Sampai dengan posisi Agustus 2023, terdapat peningkatan status kantor cabang pembantu menjadi kantor cabang, yaitu KC Wawonii dan KC Mawasangka. Selanjutnya terdapat peningkatan status dari kantor fungsional menjadi KCP yaitu KCP Lasehao.

Baca Juga: 55 Tahun Berdiri, Bank Sultra Raih Prestasi Bergengsi dari Kemendagri

Arjaya juga mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan Bank Sultra untuk dapat bersaing di industri perbankan, salah satunya dengan meluncurkan kartu debit dan aplikasi mobile banking yang dapat mempermudah transaksi nasabahnya.

Selain itu, kinerja baik Bank Sultra juga banyak dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diterimanya. Sepanjang tahun 2023, Bank Sultra sudah menerima puluhan penghargaan. Terbaru, penghargaan dari Kemendagri diberikan pada kegiatan BUMD Award 2023.

Baca Juga: Berikan Dedikasi Terbaik, Bank Sultra Raih Penghargaan dari Kemendagri

Dikutip dari Banksultra.co.id, Bank Sultra mulai meluncurkan fitur QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sejak tanggal 20 Oktober 2023 yang lalu. Fitur QRIS merupakan up date dari fitur Bank Sultra Mobile.

Dengan adanya fitur ini, nasabah Bank Sultra dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dan non-tunai. Fitur QRIS Bank Sultra dapat digunakan untuk berbagai transaksi, seperti belanja di toko, pembayaran tagihan, dan transfer uang.

Nasabah dapat menggunakan fitur ini dengan cara membuka aplikasi Bank Sultra Mobile, kemudian pilih menu "QRIS" dan scan kode QRIS yang tersedia. Namun tentu nasabah perlu terlebih dahulu meng-update aplikasi Mobile Banking Bank Sultra di Play Store maupun di App Store. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga