Ratu Elizabeth II Belum Turun Tahta Padahal Sudah Tua Renta, Ternyata Ini Alasannya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 24 Januari 2022
0 dilihat
Ratu Elizabeth II Belum Turun Tahta Padahal Sudah Tua Renta, Ternyata Ini Alasannya
Ratu Elizabeth II pimpinan Kerajaan Inggris. Foto: Repro Okezone

" Meski telah berusia hampir 1 abad, tapi Ratu Elizabeth II tetap menjadi pemimpin kerajaan monarki Inggris hingga saat ini "

LONDON, TELISIK.ID - Ratu Elizabeth II, diketahui telah memerintah Inggris selama puluhan tahun.

Meski telah berusia hampir 1 abad, tapi Ratu Elizabeth II tetap menjadi pemimpin kerajaan monarki Inggris hingga saat ini.

Masa jabatan Ratu elizabeth II yang sangat panjang tersebut sering membuat dunia bertanya-tanya mengenai turun tahta dirinya.

Mengutip akun YouTube RitaNurmaliza, diketahui kerajaan Inggris tidak memberlakukan aturan mengundurkan diri karena usia.

Faktanya, turun tahta dalam Kerajaan Inggris bertentangan dengan aturan informal dari pengaturan monarki.

Ditambah lagi sebelumnya, Ratu Elizabeth II telah berjanji akan memerintah seumur hidup. Pada ulang tahunnya yang ke-21, ratu Elizabeth II ketika itu berjanji kepada seluruh warga Inggris.

"Saya menyatakan di hadapan anda semua bahwa seluruh hidup saya, baik panjang maupun pendek akan dikhususkan untuk pengabdian Anda dan pengabdian bagi keluarga besar kaisar tempat kita semua berasal," ujarnya dilansir dari Jurnalsoreang.

Dilansir dari Wowkeren.com, Ratu Elizabeth juga merasa kalau memerintah adalah misi dan tugas hidupnya.

Bukan rahasia lagi kalau rakyat Inggris amat mencintai Ratu Elizabeth II. Bahkan ada pula survei yang menyebut bahwa 70 persen dari rakyat Inggris akan lebih memilih Ratu tetap berkuasa selama beliau masih hidup.

Tak hanya itu, Tim Ahli Kerajaan Inggris Nick Bullen juga menuturkan bahwa Ratu tak akan menyerahkan tahtanya dalam waktu dekat, sampai ia meninggal. Apalagi melihat dari sejarah keluarga, tampaknya Ratu Elizabeth II akan berumur panjang. "Ibu Sang Ratu meninggal di usia 101 tahun. Ratu ada untuk waktu yang panjang," ujarnya.

Baca Juga: Ronaldo dan Messi Lewat, Ternyata Ini Pesepak Bola Terkaya di Dunia

Ditambah lagi orang-orang Inggris tidak ingin Ratu elizabeth II turun dari kekuasaannya. Survey menunjukkan, sekitar 70 persen warga Inggris Raya lebih memilih ratu tetap berkuasa selama ia hidup.

Kecintaan publik pada ratu tidak sama dengan cinta publik pada monarki. Meski warga Inggris ingin melihat Ratu Elizabeth II tetap menjadi penguasa seumur hidupnya, mereka tidak ingin menggantinya dengan raja lain.

Hal lain yang membuat Ratu Elizabeth II masih berkuasa, yaitu kemampuan Pangeran Charles yang diragukan.

Jika publik mendukung untuk menempatkan raja baru di atas tahta, Pangeran Charles berada di baris berikutnya.

Tapi hal itu dianggap bermasalah. Orang-orang meragukan kemampuan Pangeran Charles untuk memimpin dan mempertahankan netralitas kerajaan.

Andaikan Ratu Elizabeth II turun tahta karena usianya, Pangeran Charles sendiri sebagai sosok pengganti sudah berusia lebih dari 70 tahun.

Baca Juga: Sudah Cantik Ditambah Kaya, Putri Raja Terkaya di Dunia Ini Buat Pria Pasti Jatuh Hati

Menurut beberapa orang dalam istana, publik menganggap Pangeran Charles terlalu tua untuk mengambil peran sebagai raja. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga