Ratusan Anak Kolaka Utara Ikut Sunatan Massal Gratis

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 25 Juni 2022
0 dilihat
Ratusan Anak Kolaka Utara Ikut Sunatan Massal Gratis
Suasana sunatan massal yang digelar DPP LA Center di Kabupaten Kolaka Utara melibatkan 25 tenaga medis. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Ratusan bocah di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengikuti sunatan massal yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lukman Abunawas (LA) Center "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ratusan bocah di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengikuti sunatan massal yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lukman Abunawas (LA) Center.

Sunatan massal gratis itu berlangsung di Aula Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, Sabtu (25/6/2022), melibatkan 25 tenaga medis gabungan 119 Sultra Emas dan AMCF 05 Sultra.

Ketua Dewan Penngurus Daerah Kabupaten Kolaka Utara (DPD) LA Center, Drs. H. Andi Rahman, MM, mengatakan, fokus kegiatan ini adalah sunatan massal yang pesertanya mencapai 200 anak.

"Itu berdasarkan data yang masuk sampai tadi malam. Namun hingga saat ini peserta masih terus berdatangan dan prediksi kami bisa mencapai lebih dari 300 orang," terangnya.

Sebelum kegiatan, lanjutnya, pengurus DPD LA Center Kabupaten Kolaka Utara telah bersurat ke 15 kecamatan agar memobilisasi warganya yang ingin anaknya dikhitan. Menyebar pengumuman atau penyampaian baik melalui baliho maupun pesan WhatsApp.

"Sampai hari ini, di meja pendaftaran masih berdatangan peserta dari berbagai kecamatan untuk mendaftarkan anaknya bahkan ada yang dari Kecamatan Wawo dan Tolala," ucapnya.

Untuk tindak lanjut pasca sunatan, ia telah melayangkan surat ke puskesmas di 15 kecamatan agar memberikan layanan medis kepada anak-anak jika hal tersebut diperlukan.

"Jadi tetap ada follow up dari kami kepada anak-anak yang telah disunat, mereka dapat melakukan kontrol atau tindak lanjut di puskesmas terdekat," tegasnya.

Baca Juga: Hasil Job Fit Pejabat Esalon II Pemkab Muna Diserahkan ke Bupati dan KASN

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan peserta, pihak AMCF telah menyiapkan obat di atas 50 persen.

"Itu beradasarkan pengalaman DPP LA Center di setiap kabupaten tempat diadakannya bakti sosial atau sunatan massal," tukasnya.

Menurut Kepala Desa Ponggiha, Rahmat, SE, program yang dilakukan LA Center hari ini sangat membantu masyarakat dan terbukti masyarakat sangat antusias mengikuti.

"Sunat pake laser seperti ini baru dilakukan di Kolaka Utara. Dan wajar jika masyarakat antusias karena gratis. Kalau dibayar, ini bisa mencapai Rp 500.000 per anak," bebernya.

Salah satu orang tua peserta sunatan massal, Pangeran Haeruddin bersyukur dengan adanya sunatan massal yang digelar DPP LA Center.

"Alhamdulillah kami sangat berterima kasih kepada bapak Lukman Abunawas dengan adanya kegiatan seperti ini. Kegiatan ini sangat membantu mengurangi biaya sunat anak kami dan kami berharap semoga tahun berikutnya ada lagi kegiatan serupa," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri langsung semua pengurus DPP LA Center, DPD LA Center Kabupaten Kolaka Utara, turut hadir Ketua DPC PDI-P Kolaka Utara, Agusdin, S.Kom dan Nasir Banna, Camat Lasusua, dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Harga Naik, Produktivitas Kopi di Manggarai Timur Malah Menurun

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Dr. Lukman Abunawas bersama Ketua Umum DPP LA Center, Harmin Ramba, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP, La Ode Barhim serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP, Abd. Rakil Naba dalam perjalanan dari Kota Kendari menuju Kolaka Utara dan diperkirakan tiba sore ini.

Selain memantau sunatan massal, Lukman Abunawas diagendakan akan mengukuhkan pengurus DPD LA Center Kabupaten Kolaka Utara, pengurus LAT Kolaka Utara, dan Tamalaki Patowonua yang akan dilaksanakan hari Minggu besok.  

Pelaksanaan sunatan massal gratis ini dijadwalkan tuntas dalam satu hari dengan asumsi 200 anak terselesaikan, namun bila masih ada anak yang belum terlayani, maka tim medis 119 Sultra Emas dan AMCF akan melanjutkan besok. (A-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga