Ratusan Legalitas Profesi Terbit di Muna Barat, Didominasi Pendidikan dan Kesehatan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 12 Juli 2024
0 dilihat
Ratusan Legalitas Profesi Terbit di Muna Barat, Didominasi Pendidikan dan Kesehatan
DPMPTSP terbitkan 329 NIB dan 154 legalitas profesi. Foto: Ist.

" Sebanyak 329 Nomor Induk Berusaha (NIB) diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Muna Barat, serta 154 legalitas profesi masih didominasi oleh bidang pendidikan dan kesehatan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Sebanyak 329 Nomor Induk Berusaha (NIB) diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Muna Barat, serta 154 legalitas profesi masih didominasi oleh bidang pendidikan dan kesehatan.

Kepala DPMPTSP Muna Barat, La Ode Hanafi mengatakan, NIB yang telah terbit ini dilakukan dengan dua cara yaitu mengunjungi langsung pelaku usaha melalui program sapa kampung dan pelayanan secara mandiri.

Pelaku usaha yang dikunjungi adalah di Desa Latawe, Kecamatan Napano Kusambi dan Desa Katela, kecamatan Tiworo Kepulauan.

Baca Juga: Pemuda Muna Barat Miliki Potensi Bidang Sepak Bola, Ini Pemenang Amsar Center Cup I

"Terhadap dua desa itu NIB yang berhasil kita terbitkan sebanyak 63 buah," ungkapnya, Jumat (12/7/2024).

Kemudian 266 NIB lainnya diterbitkan secara mandiri melalui sistem online dan sistem perbantuan. Dalam sistem perbantuan ini pelaku usaha datang ke kantor DPMPTSP, kemudian proses penerbitannya dibantu oleh petugas layanan yang ada.

Namun, sangat disayangkan masih banyak pelaku usaha yang belum mengantongi NIB. Dapat dilihat dari saat Sapa Kampung banyak pelaku usaha tak cukup waktu untuk dilayani.

Sehingga, untuk mengatasi persoalan itu pihaknya akan kembali menggelar kegiatan Sapa Kampung di wilayah yang belum sempat dikunjungi.

Untuk itu, dalam lakukan kunjungan pihaknya akan berkomunikasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa agar masyarakat yang hendak mengurus NIB dikumpulkan pada satu tempat.

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa lembaga seperti kementrian agama setempat, rumah BUMN dan BPOM sehingga diturunkan satu paket.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Ingatkan Netralitas ASN dan Kepala Desa di Pilkada

Selain itu, pihaknya juga pada semester pertama tahun 2024 ini telah menerbitkan izin legalitas kegiatan profesi dan pembangunan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kemudian, jumlah izin perihal legalitas profesi ini sejumlah 154 buah. Rata-rata izin yang dikeluarkan pada bidang kesehatan dan pendidikan.

"Kebanyakan yang kita layani sekarang ini adalah petugas layanan kesehatan diantaranya bidan, perawat dan dokter. Ada juga beberapa yang mendirikan sekolah PAUD. Ya, masih didominasi bidang pendidikan dan kesehatan," tutupnya. (C)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga