Ratusan Mahasiswa Asal Konawe Selatan Keciprat Bantuan Pendidikan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Selasa, 01 November 2022
0 dilihat
Ratusan Mahasiswa Asal Konawe Selatan Keciprat Bantuan Pendidikan
Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan kini kerap hadir memberikan dalam bantuan pendidikan setiap tahunnya, mulai dari jenjang S1, S2 hingga S3. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, secara simbolis menyerahkan biaya pendidikan non ASN mahasiswa asal "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Senyum sumringah terpancar dari wajah ratusan mahasiswa asal Kabupaten Konawe Selatan, yang tengah menempuh pendidikan di berbagai universitas di Kota Kendari.

Pasalnya, Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, secara simbolis menyerahkan biaya pendidikan non ASN mahasiswa asal, Selasa (1/11/2022).

Langkah pemberian bantuan pendidikan tersebut, menurut bupati dua periode itu, sebagai wujud kehadiran pihaknya terhadap warga Konawe Selatan, khususnya mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan.

“Ini bentuk program untuk meningkatkan pengembangan SDM putra putri Konawe Selatan. Karena kita di sini memiliki SDM yang mumpuni,“ tutur Surunuddin.

Baca Juga: Jelang Pilkades, Ini Pesan Bupati Muna

Politisi partai Golkar ini mengutarakan, sejatinya program sejenis sudah berlangsung sejak tahun sebelumnya, namun karena adanya COVID-19, makanya jumlah pengalokasian tersebut tidak sebanyak di Tahun 2022 ini. Ia berjanji untuk mengalokasikan kegiatan serupa untuk Tahun 2023 mendatang.

Olehnya itu, ia meminta untuk segera dibuka pendaftaran. Agar bisa dilakukan verifikasi secepatnya, di mana ditargetkan April atau Mei tahun depan sudah bisa dikucurkan.

“Ini kita lakukan semata-mata untuk membantu putra putri Konawe Selatan. Jadi diharapkan setelah selesai menempuh pendidikan bisa mengabdi dan membangun Konawe Selatan,“ harap Surunuddin.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Laode Hamlin menyebutkan, untuk di tahun ini, total usulan penerimaan pemberian bantuan pendidikan tersebut mencapai 178 orang. Namun setelah diverifikasi, hanya 171 orang saja yang berhak mendapatkan bantuan.

“Saya sendiri turut melakukan pengecekan verifikasinya,“ ungkapnya.

Dengan rincian, satu orang mahasiswa tengah menempuh jalur pendidikan strata tiga atau Pendidikan doctoral. Pendidikan strata dua (S2) sebanyak 21 orang dan 149 orang tengah menempuh pendidikan strata satu dan diploma tiga Kesehatan. Jumlah bantuannya bervariasi tergantung strata pendidikan yang ditempuh.

“Pembayarannya melalui sistem transfer ke nomor rekening bank masing-masing penerima bantuan. Dengan melengkapi sejumlah syarat, seperti membawa surat keterangan aktif kuliah, kartu mahasiswa dan berktp konawe selatan,“ ujar Hamlin.

Baca Juga: Satu Rumah Warga Pondidaha Konawe Ludes Terbakar

Sementara itu, seorang mahasiswi strata satu Rukmana Renggaala menuturkan, kebahagiannya usai namanya tercantum sebagai salah satu dari ratusan penerima lainnya.

Mahasiswi berusia 21 tahun ini mengungkapkan, saat ini dirinya tengah menempuh pendidikan di Universitas Halu Oleo Kota Kendari, pada jurusan peternakan. Jadi pemberian bantuan tersebut, akan dipergunakan untuk membiayai kebutuhan pendidikannya yang tengah melakukan penelitian.

“Alhamdulilah, ini sangat membantu sekali,“ kata mahasiswi semester tujuh ini.

Muh Muhajirin, mahasiswa IAIN asal Kecamatan Konda berjanji, akan serius menyelesaikan pendidikan dengan secepatnya untuk kemudian dapat membantu membangun daerah Kabupaten Konawe Selatan.

“Semula hanya coba-coba saja memasukan berkas. Tak terlalu berharap. Tapi rupanya juga masuk namaku,“ ungkap pemilik IPK 3,92 ini. (A)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga