Ratusan Mahasiswa FISIP UHO Doa Bersama dan Bakar Seribu Lilin Kenang Mendiang Dekan La Tarifu

La Ode Muhlas, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Ratusan Mahasiswa FISIP UHO Doa Bersama dan Bakar Seribu Lilin Kenang Mendiang Dekan La Tarifu
Ratusan mahasiswa, alumni, dan dosen FISIP UHO Kendari memperingati kepergian mendiang Dekan La Tarifu melalui kegiatan doa bersama serta pembakaran seribu lilin. Foto: Ist.

" Pengurus BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, memperingati meninggalnya mendiang Dekan La Tarifu di gedung fakultas "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengurus BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, memperingati meninggalnya mendiang Dekan La Tarifu di gedung fakultas, Selasa (7/6/2023) malam.

BEM melaksanakan kegiatan berupa doa bersama, pembakaran seribu lilin, dan nonton film dokumenter merekam kenangan almarhum yang dihadiri ratusan peserta mayoritas mahasiswa, alumni, serta jajaran dosen FISIP.

Rangkaian peringatan meninggalnya La Tarifu diawali pembacaan doa bersama di ruang aula, kemudian berlanjut pembakaran sebanyak seribu lilin dan pemutaran film dokumenter di depan fakultas.

Ketua BEM FISIP UHO, Ikbal Rahmawan mengatakan, kegiatan itu ditujukan untuk mengenang kepergian almarhum yang meninggalkan berbagai kesan bagi orang terdekat maupun mahasiswanya. Ketiga anak almarhum juga turut hadir membersamai ratusan peserta dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Prof Eka Suaib Jadi Plt Dekan FISIP UHO Gantikan Almarhum La Tarifu

"Istri almarhum tidak sempat hadir. Tapi ibu mengirim pesan WA mengucapkan terima kasih banyak atas kegiatan tadi malam," ungkap lewat pesan singkat, Rabu (7/6/2023).

Ikbal masih merasakan kedekatan bersama almarhum yang dianggap telah banyak membantunya, terutama menyangkut upaya menjalankan tugas kepengurusan BEM FISIP saat ini.

Salah satu yang Ikbal ingat dari almarhum adalah karakter tegas dan konsisten yang selalu menepati semua ucapannya. Selain itu, almarhum juga kerap memberinya nasehat agar terus mengetahui adanya gerak perubahan situasi kampus tiap masa ke masa.

"Selalu dia ingatkan kepada adik-adiknya bahwa kampus dulu dengan kampus sekarang itu sudah berbeda. Jadi dinamikanya itu katanya kita harus jelaskan kepada mereka. Diubah berpikirnya tentang mahasiswa," ujarnya.

Almarhum La Tarifu meninggal dunia pada Minggu 28 Mei 2023. Ikbal sempat tidak percaya saat awal mendengar kabar duka itu, mengingat mereka masih bertemu dua hari sebelum itu di rumah almarhum di kawasan perumahan dosen. Bahkan, ia mengira pemberitahuan orang-orang itu hanya sebuah candaan.

Tersiarnya secara tiba-tiba kabar meninggalnya La Tarifu juga mengejutkan mantan Ketua BEM FISIP, Muhammad Alamsyah. Ia mulanya mendapat kabar duka dari ucapan belasungkawa yang dikirimkan melalui pesan singkat.

Alamsyah mengaku mempunyai banyak kenangan bersama almarhum. Ia menceritakan awal berhubungan baik ketika almarhum masih menjabat Wakil Dekan III FISIP dan ia menjadi ketua organisasi luar kampus tingkat fakultas.

Alam mengenal almarhum sebagai orang yang memiliki sifat keterbukaan terhadap siapapun, tegas, dan mudah dekat dengan orang-orang.

"Kita tidak canggung kalau diskusi dengan beliau," katanya.

Baca Juga: Dekan FISIP UHO La Tarifu Tutup Usia

Jasa yang paling diingat Alamyah dari almarhum, ketika menjadi dosen penguji tugas akhir perkuliahannya. Ia tidak menemui kesulitan selama menyusun tulisannya berkat bantuan almarhum.

Saat meninggal dunia, La Tarifu masih tercatat sebagai Dekan FISIP UHO masa jabatan periode kedua terhitung sejak 2018. Almarhum wafat di usia 51 tahun dengan meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu telah resmi menunjuk Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP, Prof Eka Suaib sebagai pelaksana tugas (Plt) dekan menggantikan La Tarifu.

Zamrun Firihu mengatakan, atas pertimbangan suatu etika, maka pergantian dekan secara definitif akan diputuskan setelah 40 hari pasca wafatnya La Tarifu. (A)

Penulis: La Ode Muhlas

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga