Ratusan Masyarakat Lambandia Kolaka Timur Antusias Ikut Pelayanan Kesehatan Gratis

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Ratusan Masyarakat Lambandia Kolaka Timur Antusias Ikut Pelayanan Kesehatan Gratis
Ratusan masyarakat Lambandia antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Ratusan masyarakat Kecamatan Lambandia, Kolaka Timur antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis dalam aplikasikan gerakan membangun dan melayani masyarakat (gemas) tahun 2023 "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan masyarakat Kecamatan Lambandia, Kolaka Timur antusias mengikuti pelayanan kesehatan gratis dalam aplikasikan gerakan membangun dan melayani masyarakat (gemas) tahun 2023.

Kegiatan pelayanan kesehatan gratis itu bertempat di Desa Penanggoosi, Kecamatan Lambandia, Senin (19/6/2023), yang merangkaikan berbagai pemeriksaan gratis serta menyerahkan bantuan kacamata untuk penderita gangguan penglihatan.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyampaikan, sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat tingkat pertama, puskesmas menjadi ujung tombak untuk menjaga masyarakat tetap sehat.

Baca Juga: Jemaah Calon Haji Kloter 3 Asal Kolaka Timur Diberangkatkan

"Untuk itu, perlu adanya integrasi layanan primer guna mendukung pemenuhan kebutuhan di posyandu dan puskesmas," ujarnya.

Plt Bupati Kolaka Timur saat memberikan sambutan dalam pelayanan kesehatan gratis di Lambandia. Foto: Sigit Purnomo/Telisik.

 

Azis mengatakan, integrasi layanan primer dilakukan mulai dari edukasi penduduk dan tokoh masyarakat pada tahap pertama, pencegahan primer dengan penambahan imunisasi rutin di tahap kedua, skrining 14 penyakit dengan kematian tertinggi di tahap keempat, dan peningkatan kapasitas dan kapabilitas via revitalisasi jejaring, standarisasi layanan di puskesmas, posyandu, kunjungan ke rumah di tahap keempat.

"Yang terakhir sebagai integrasi layanan primer yang bermutu dan mudah diakses masyarakat," jelasnya.

Lanjut Azis, selain puskesmas, posyandu juga memiliki peran yang sangat penting khususnya posyandu prima dalam integrasi layanan primer ini, skrining kesehatan dapat dilakukan di posyandu yang tersedia di desa.

"Dengan adanya posyandu prima, masyarakat diharapkan dapat melakukan skrining kesehatan awal sehingga jika ditemukan anomali akan ditindaklanjuti di puskesmas," lanjutnya.

Azis mengungkap kegiatan pelayanan posyandu prima ini, dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur yang bekerjasama dengan tim tenaga kesehatan dan para kader melalui TP PKK kelompok dasawisma.

Plt Bupati Kolaka Timur saat mengecek pos pemeriksaan dalam pelayanan kesehatan gratis. Foto: Ist.

 

"Diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas," harapnya.

Azis menuturkan, transformasi layanan bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas bagi seluruh penduduk, baik perorangan maupun masyarakat.

Ia juga mengatakan, pelayanan kesehatan primer yang berkualitas adalah pondasi bagi sistem pelayanan kesehatan. Selain itu, pelayanan kesehatan primer merupakan tingkat pertama kontak individu, keluarga dan masyarakat, membawa pelayanan kesehatan sedekat mungkin ke area tempat tinggal atau bekerja, juga merupakan elemen pertama dari proses pelayanan kesehatan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Timur, Barwik Sirait mengatakan, adanya pelayanan prima di puskesmas dan posyandu dapat mendukung proses transformasi layanan kesehatan di Kolaka Timur.

Ia mengungkap pelayanan di posyandu prima meliputi melayani ibu hamil, bersalin, nifas, bayi, balita dan pra sekolah, remaja dan lansia.

Baca Juga: Kolaka Timur Terus Genjot Penurunan Angka Stunting hingga 14 Persen

Ke depannya posyandu prima lebih berfokus kepada banyak menjaga agar tetap sehat, bukan mengobati orang yang sakit dan jika dinilai dari sisi biaya, menjaga orang tetap sehat lebih murah daripada mengobati orang sakit.

"Tidak hanya itu, orang yang kesehatannya dijaga akan memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik," jelasnya.

Lanjut Barwik, dengan adanya posyandu prima ini, akan semakin meningkatkan kapasitas dan dalam kapabilitas layanan posyandu yang mampu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat, sehingga angka harapan hidup masyarakat kita semakin baik. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga