Ratusan Muslim Kota Kendari Lakukan Sholat Gerhana

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 26 Desember 2019
0 dilihat
Ratusan Muslim Kota Kendari Lakukan Sholat Gerhana
Suasana setelah sholat gerhana di Mesjid ICM Kendari. Foto : Muhammad Israjab/Telisik

" Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Nabi, apabila kalian melihatnya (gerhana), maka laksanakanlah sholat gerhana. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan umat muslim di Kota Kendari lakukan sholat gerhana, bertempat di Mesjid Islamic Center Muadz Bin Jabal Kendari. Sholat tersebut dipimpin langsung oleh Ustadz Faris Abdullah Ma'mun, Kamis (26/12/2019).

Dalam khutbah yang disampikan Ustadz Faris bahwa, gerhana merupakan diantara tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu Wata'ala.

"Dalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Nabi, apabila kalian melihatnya (gerhana), maka laksanakanlah sholat gerhana," ucapnya.

Dalam hadits yang diriwayatkan ‘Aisyah disebutkan bahwa, ketika terjadi gerhana matahari Rasulullah melakukan shalat berjamaah bersama para sahabatnya.

Aisyah mengatakan: "Pernah terjadi gerhana matahari pada masa Rasul, beliau kemudian pergi ke masjid mengerjakan shalat, dan di belakang beliau orang-orang membuat shaf (menjadi makmum),” (HR Bukhari dan Muslim).

Praktik ini sebagaimana yang dilakukan banyak orang saat ini. Setelah Rasulullah shalat, beliau langsung berdiri dan menyampaikan isi khutbah di hadapan para sahabatnya. Dalam khutbah tersebut, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044).

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Akan Telihat di Seluruh Wilayah Sultra

Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi, dapat dilihat dari seluruh wilayah Sultra. Fenomena alam ini dimulai pada pukul 10.13 WIB dan akan berakhir pada pukul 17.00 WIB, seperti dilansir dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di situs resminya, Rabu (25/12/2019).

Sementara itu, untuk Kota Kendari, gerhana matahari fase sebagian akan muncul pada pukul 12.35 Wita dan puncaknya akan terjadi pada pukul 14.22 Wita dengan magnitudo gerhana mencapai 76 persen.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

TAG:

BMKG

Baca Juga