Ratusan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir Setinggi Pinggang

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
Ratusan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir Setinggi Pinggang
Kondisi rumah warga di lingkungan empat Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa yang terendam banjir hingga setinggi pinggang orang dewasa. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Sebanyak 120 unit rumah warga di Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara, terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (2/5/2023) pukul 02.30 hingga 05.00 dini hari, menyebabkan banjir.

Tercatat sebanyak 120 unit rumah warga di Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa, terendam luapan air hujan dari atas perbukitan hingga setinggi pinggang orang dewasa.

Menurut Lurah Lapai, Muhammad Sanusi, dampak terparah terjadi di lingkungan 3 dan 5 dengan jumlah rumah yang terendam air setinggi pinggang orang dewasa sekitar 40 unit.

"Sebenarnya semua lingkungan dari satu sampai lima terdampak, hanya yang terparah berada di lingkungan tiga, empat, dan lima," terangnya, Selasa (2/5/2023).

Kata dia, luapan air itu akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi dini hari tadi sehingga air dari perbukitan mengalir ke drainase perkampungan warga.

Baca Juga: Tiga Desa di Konawe Utara Terendam Banjir

"Air kiriman air dari gunung sehingga drainase tidak mampu menampung air. Untuk sementara data dampak banjir mencapai 120 KK yang domisili di 4 lingkungan," urainya.

Sanusi berharap solusi dari pemerintah daerah mengingat kejadian ini bukan kali pertama.

"Kami harap perhatian dari pemerintah daerah karena hampir setiap tahun luapan air terjadi di wilayah ini," harapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara, Andi Faizal menuturkan, pemicu luapan air akibat curah hujan yang tinggi.

Baca Juga: Puluhan Rumah di Kolaka Utara Terendam Banjir

"Kami belum bisa menginformasikan kerugian materil karena saat ini personel masih melakukan pendataan di lapangan," tukasnya.

Sementara itu Kapolsek Ngapa, Ipda Burhan meminta, upaya tanggap pemerintah daerah agar luapan air yang menggenangi pemukiman warga segera surut.

"Selain perhatiankan pemerintah kami juga meminta warga menjaga kebersihan lingkungan yang dapat memicu banjir," pungkasnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga