Ratusan Warga Diduga Keracunan Makanan Usai Makan di Acara Kenduri

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 02 Mei 2021
0 dilihat
Ratusan Warga Diduga Keracunan Makanan Usai Makan di Acara Kenduri
Salah satu korban yang diduga keracunan makanan. Foto: Ist.

" Berdasarkan keterangan medis, umumnya para korban mengalami gejala pusing, muntah serta diare setelah habis makan. "

MANGGARAI TIMUR, TELISIK.ID - Ratusan warga Dusun Pau, Kelurahan Nggalak Leleng, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diduga mengalami keracunan makanan, Sabtu (1/5/2021).

Peristiwa dugaan keracunan makanan itu disampaikan Camat Lamba Leda Selatan, Alvianus Yorani Diano Nengkos kepada Telisik.id Sabtu malam.

Ia mengatakan bahwa saat ini ratusan warga Desa Nggalak Leleng yang diduga mengalami keracunan makanan itu sedang dalam perawatan medis di tiga tempat, yakni di Puskesmas Mano, di Klinik Wejang Asi dan di Rumah Sakit Ben Mboi Ruteng.

Ia menyebut, total warga yang diduga keracunan makanan berjumlah 114 orang dengan rincian 20 orang dirawat di Puskesmas Mano, 38 orang di Klinik Wejang Asi Mano dan 2 orang di RSUD Ben Mboi Ruteng. Sementara 54 orang lainnya dirawat di lokasi kejadian.

Baca juga: Mobil Terjungkal ke Parit, Kepala DPMD Buteng Selamat dari Maut

Baca juga: ASDP Ferry Kolaka Tutup Jalur Pelabuhan Penyeberangan Jelang Lebaran

"Berdasarkan keterangan medis, umumnya para korban mengalami gejala pusing, muntah serta diare setelah habis makan," terang Camat Alvianus.

Ia menambahkan bahwa sebelum para warga terkena  keracunan makanan mereka sempat mengikuti acara adat kenduri yang digelar salah seorang warga di Dusun Pau, Jumat 30 April 2021.

Acara kenduri itu, kata Camat Alvianus, juga diisi dengan perayaan ekaristi misa sebelum dilanjutkan dengan acara makan bersama.

Belum ada korban jiwa dari peristiwa dugaan keracunan makanan itu. Saat ini para korban sedang dalam perawatan medis. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga