Rawan Bencana, Kabupaten Malang Butuh Mitigasi Bencana

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Rawan Bencana, Kabupaten Malang Butuh Mitigasi Bencana
Ketua PMI Kabupaten Malang, Jajuk Rendra Kresna. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Sekarang ini sudah saatnya dilakukan mitigasi bencana di Kabupaten Malang. Jangan menunggu, mengingat wilayah Kabupaten Malang memang sudah dilihat secara kebencanaan sudah ada peringatan dari BMKG. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, Jajuk Rendra Kresna mengatakan, sudah saatnya dilakukan mitigasi bencana di Kabupaten Malang.

Perlu adanya mitigasi bencana tersebut mengingat adanya peringatan dari BMKG  kalau Malang rawan terjadi bencana.

“Sekarang ini sudah saatnya dilakukan mitigasi bencana di Kabupaten Malang. Jangan menunggu, mengingat wilayah Kabupaten Malang memang sudah dilihat secara kebencanaan sudah ada peringatan dari BMKG,” jelasnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 3,5 Guncang Kolaka Utara

Dikatakan oleh Jajuk, dirinya berharap dengan pengalaman gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang beberapa waktu lalu, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Malang perlu proses pembelajaran tentang kebencanaan kepada masyarakat digiatkan lagi.

“PMI Kabupaten Malang sudah bekerja sama dengan palang merah Jepang dalam memberdayakan pembelajaran kebencanaan sudah memiliki pilot project di beberapa desa  di enam kecamatan berpotensi tsunami,” jelasnya.

Seperti diketahui, gempa bumi telah  mengguncang Kabupaten Malang, Lumajang dan Blitar dan beberapa daerah sekitar di wilayah Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) siang. BMKG memperbarui kekuatan gempa menjadi 6,1 magnitudo dari yang sebelumnya tercatat 6,7 magnitudo. BMKG memastikan gempa ini tak menimbulkan ancaman tsunami.

Dampak gempa, terjadi korban jiwa dan kerusakan dari sejumlah rumah warga yang terdampak gempa tersebut. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga