adplus-dvertising

Rawan Terpapar COVID-19, Ini 4 Makanan Sehat untuk Usir Stres dan Depresi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
563 dilihat
Rawan Terpapar COVID-19, Ini 4 Makanan Sehat untuk Usir Stres dan Depresi
Sejumlah makanan sehat hilangkan stres. Foto: Repro google.com

" Pikiran yang mudah stres dan depresi menjadi penyebab imun tubuh melemah, sehingga mudah terjangkit penyakit dan virus, termasuk COVID-19. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pikiran yang mudah stres dan depresi menjadi penyebab imun tubuh melemah, sehingga mudah terjangkit penyakit dan virus, termasuk COVID-19.

Untuk menjaga diri dari penyebaran COVID-19, tidak hanya dibutuhkan kekebalan imun tubuh yang baik, tetapi juga menjaga pikiran agar tidak mudah stres.

Hal tersebut disampaikan Dokter Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit (RS) Jiwa Kota Kendari, dr. Sofyan. Menurutnya, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh.


Bahkan, kata dia, stres juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan sistem reproduksi. Orang yang mengalami stres secara berkepanjangan biasanya juga akan mengalami gangguan tidur.

Hanya saja, orang yang mengalami stres di tengah pandemi COVID-19 saat ini adalah hal yang wajar. Terutama jika ada keluarga, diri, tetangga, rekan kerja yang positif Corona.

"Namun yang jadi masalah kalau stres itu mengarah pada gangguan emosional seperti cemas, depresi dan sebagainya. Maka ini yang harus dicegah karena bisa menurunkan kekebalan tubuh dan berisiko terpapar COVID-19," jelasnya.

Biasanya salah satu pelarian atau sedikit meredakan stres, yaitu mengonsumsi makanan manis seperti coklat.

Baca juga: 7 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Keluarga Anda

Baca juga: Indra Penciuman Hilang Akibat COVID-19? 4 Cara Ini Bisa Sembuhkan

Namun jika terlalu banyak makan makanan manis seperti coklat, akan memicu obesitas dan penyakit lainnya. Oleh karenanya kita bisa menggantinya dengan makanan lainnya, yang juga dapat meredakan stres.

Dikutip dari laman Health Line okezone.com, berikut empat makanan yang dapat meredakan stres dan depresi:

1. Teh chamomile

Chamomile merupakan ramuan obat yang telah dikenal, dan digunakan sejak zaman kuno sebagai peredam stres atau depresi secara alami. Teh dan ekstraknya telah terbukti meningkatkan tidur nyenyak, serta mengurangi gejala kecemasan lainnya.

2. Ikan berlemak

Ikan yang mengandung lemak seperti mackerel, herring, salmon dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D, nutrisi yang telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh mengatasi perasaan depresi. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi barat.

3. Kimchi

Kimchi merupakan makanan fermentasi yang biasanya terbuat dari kubis dan lobak. Makanan Fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri baik yang disebut probiotik dan tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan.

4. Brokoli

Sayuran kucifer seperti brokoli terkenal akan manfaat kesehatannya. Makanan yang kaya sayuran silangan dapat menurunkan risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Brokoli merupakan beberapa sumber makanan terkonsentrasi dari beberapa nutrisi-termasuk magnesium, vitamin C, dan folat-yang telah terbukti dapat memerangi gejala depresi. Brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat pelindung saraf dan mungkin menawarkan efek menenangkan dan antidepresan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga