Rekomendasi Laptop ASUS untuk Programmer dan Pengembang Software Edisi Februari 2023

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Sabtu, 25 Februari 2023
0 dilihat
Rekomendasi Laptop ASUS untuk Programmer dan Pengembang Software Edisi Februari 2023
Rekomendasi laptop ASUS yang cocok untuk para programmer dan pengembang perangkat lunak di Februari 2023 ini. Foto: Muhammad Adhiatma Hidayat/Telisik

" Aktivitas coding atau pengembangan perangkat lunak telah menjadi hal yang mesti dilakukan bagi seorang programmer "

KENDARI, TELISIK.ID - Aktivitas coding atau pengembangan perangkat lunak telah menjadi hal yang mesti dilakukan bagi seorang programmer.

Dalam menjalankan tugasnya, para programmer memerlukan perangkat yang tepat untuk menunjang pekerjaan mereka, terutama laptop yang memenuhi spesifikasi yang diperlukan untuk pengembangan perangkat lunak tersebut.

Menjawab kebutuhan para programmer, berbagai produsen laptop terus mengembangkan laptop-laptop yang cocok untuk pengembangan perangkat lunak atau kegiatan ngoding.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Asus di Kota Kendari Edisi Januari 2023

Salah satu produsen laptop terkemuka, ASUS, memiliki beberapa rekomendasi laptop untuk para pengembang software atau programmer untuk penggunaan sehari-hari edisi Februari 2023.

Menurut sales laptop ASUS Store Kendari, Muhammad Nurlan, untuk laptop yang cocok digunakan buat coding itu adalah laptop yang memiliki prosesor Intel I3 Core dari setiap jenis tipe laptop ASUS.

"Mulai dari prosesor Intel I3 itu sudah bisa digunakan untuk programming dengan RAM minimal 8GB, sedangkan untuk kisaran harganya sendiri itu mulai dari harga Rp 8 juta," ujar Nurlan, Sabtu (25/2/2023).

Ia juga menambahkan, laptop yang dipakai untuk programming itu bisa dari semua merk dan tipe laptop, namun, jika programming yang dikhususkan tersebut untuk membuat game maka jenis laptop yang dibutuhkan harus berbeda dari laptop dengan tipe prosesor di atas.

"Laptop dengan prosessor minimal I3 Core itu sudah bisa dipakai buat programming tapi tidak untuk membuat program game, kalau untuk programming itu minimal di I3 Core kalau di bawahnya kurang direkomendasi," lanjutnya.

Adapun laptop ASUS dengan RAM 8GB yang direkomendasikan pertama datang dari seri laptop ASUS VivoBook 14 K413FA.

ASUS VivoBook 14 K413FA

Laptop yang dibanderol dengan harga Rp. 8.699.000 ini memiliki tipe processor Generasi 10 Intel Core i3-10110U dengan memori sebesar 8GB DDR4 yang ditambah dengan ruang penyimpanan sebesar 512GB SSD.

Untuk ukuran layar, ASUS VivoBook 14 memiliki ukuran layar seluas 14.0-inch Full HD dengan resolusi layar 1920x1080, yang didukung dengan kamera Webcam HD. Kualitas Audio, Supports Windows 10 Cortana.

Untuk koneksi ASUS VivoBook 14 sudah terintegrasi dengan Wi-Fi 5 dan didukung Bluetooth 5.0.

Pada bagian External Ports telah dilengkapi dengan 1x COMBO audio jack, 1x Type-A USB 3.1 (Gen 1), 1x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 2x USB 2.0 port(s), 1x HDMI, 1x micro SD card.

Baterai dari laptop ini memiliki daya 3 -Cell 42 Wh Battery, dengan sistem operasi yang sudah mendukung Windows 10 Home (64-bit).

ASUS Bussines ExpertBook P2451FA

Melansi dari bhineka.com, ASUS Bussines ExpertBook P2451FA dibanderol dengan harga Rp8.459.000.

Prosessor yang digunakan pada laptop ini juga telah didukung dengan tipe prosessor Intel Core I3, dengan memori berkapasitas 8GB ditambah dengan ruang penyimpanan sebesar 256GB SSD.

Ukuran layar yang dimilikinya seluas 14 inch dengan resolusi 1920x1080 ditambah kamera Webcam dengan resolusi 720p CMOS HD dan audio Built-in speaker, Built-in array microphone dengan dukungan Cortana.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Laptop agar Tak Mudah Rusak

Pada bagian Connector Port telah dilengkapi dengan tiga connector yakni, USB 2.0:1 Port(s), USB 3.0:2 Port(s) dan USB Type-C:1 Port(s) dan memilik daya tahan baterai hingga 13 jam.

Dengan rekomendasi laptop ASUS yang telah disebutkan diatas, para pengembang perangkat lunak atau programmer tidak hanya mendapatkan laptop yang andal, cepat dan efisien dalam mengatasi tugas-tugas ngoding mereka, tetapi juga mendapatkan laptop dengan fitur-fitur yang sangat memudahkan dan meningkatkan produktivitas pengguna.

Dengan begitu, pekerjaan pengguna akan semakin mudah dan efektif.

Apabila anda tertarik untuk membeli laptop yang telah direkomendasikan diatas, anda dapat mengunjungi ASUS Store Kendari yang berada di Jalan Saranani, Kendari. (B)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga