Rekomendasi Sayur Banyak Mengandung Protein Hewani Vitamin B12

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 17 September 2024
0 dilihat
Rekomendasi Sayur Banyak Mengandung Protein Hewani Vitamin B12
Sayuran fermentasi dalam menu harian dapat membantu menjaga asupan vitamin B12 tetap terpenuhi. Foto: Repro Gladiva

" Vitamin B12 sering kali diidentikkan dengan produk hewani, seperti hati sapi, daging, dan susu. Hal ini karena sumber utama vitamin B12 memang berasal dari makanan hewani "

JAKARTA, TELISIK.ID - Vitamin B12 sering kali diidentikkan dengan produk hewani, seperti hati sapi, daging, dan susu. Hal ini karena sumber utama vitamin B12 memang berasal dari makanan hewani.

Namun, apakah berarti sayuran tidak memiliki kandungan vitamin B12? Tidak sepenuhnya benar. Meski jumlahnya terbatas, ada beberapa sayuran yang mengandung vitamin B12 dan dapat menjadi sumber alternatif bagi mereka yang tidak mengonsumsi produk hewani, seperti vegan atau vegetarian.

Mengutip alodokter.com, Selasa (17/9/2024), vitamin B12 atau yang dikenal dengan kobalamin merupakan nutrisi esensial bagi tubuh. Fungsi utamanya adalah membantu pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, dan berperan dalam pembentukan DNA.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius, seperti anemia pernisiosa, kerusakan saraf, hingga gangguan pencernaan. Bahkan, gejala lain yang umum muncul adalah tubuh lemas, kesemutan di tangan dan kaki, serta mudah lelah.

Setiap harinya, kebutuhan vitamin B12 bagi orang dewasa adalah sekitar 4 mikrogram. Bagi mereka yang mengonsumsi produk hewani, memenuhi kebutuhan ini sebenarnya tidak sulit.

Baca Juga: Lima Tanda Kolesterol Tinggi pada Wanita dan Cara Mencegahnya

Sebagai contoh, satu porsi daging sapi (100 gram) dan satu gelas susu sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan harian.

Bagi mereka yang tidak mengonsumsi produk hewani, seperti vegan atau vegetarian, tantangan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 lebih besar karena terbatasnya sumber nabati.

Telisikers, berikut ini adalah beberapa sayuran yang direkomendasikan karena kandungan vitamin B12-nya:

1. Nori

Nori atau rumput laut kering yang biasa digunakan sebagai pembungkus sushi merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin B12. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 4 gram nori sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian.

Selain vitamin B12, nori juga kaya akan folat, yang penting dalam mencegah anemia. Jadi, bagi kamu yang suka makanan Jepang atau Korea, konsumsi nori bisa menjadi cara yang lezat untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12.

2. Jamur Shitake

Jamur shitake bukan hanya lezat, tapi juga mengandung banyak vitamin B12. Mengonsumsi sekitar 50 gram jamur shitake kering dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin B12 harian.

Selain itu, jamur ini juga mengandung vitamin B lainnya, seperti vitamin B2, B3, B5, dan B6, yang semuanya berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf dan memperkuat sistem imun.

Tidak hanya vitamin, jamur shitake juga mengandung mineral penting seperti tembaga, zinc, dan mangan, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Tiga Kelompok Orang Harus Hati-Hati Konsumsi Madu

3. Sayuran Fermentasi

Sayuran fermentasi seperti kimchi, sauerkraut, acar, dan asinan juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Namun, perlu diingat bahwa vitamin B12 ini berasal dari proses fermentasi yang melibatkan ragi, bukan dari sayurannya sendiri.

Produk fermentasi lainnya, seperti tempe dan kombucha, juga dapat menjadi pilihan yang mengandung vitamin B12.

Mengonsumsi makanan fermentasi secara rutin tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan vitamin B12, tetapi juga memperkaya usus dengan bakteri baik yang membantu sistem pencernaan.

Meskipun sayuran yang mengandung vitamin B12 terbatas, kamu masih bisa berkreasi dengan berbagai hidangan untuk mencukupi kebutuhan harian.

Mengkombinasikan nori, jamur shitake, dan sayuran fermentasi dalam menu harian dapat membantu kamu menjaga asupan vitamin B12 tetap terpenuhi. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga